Karya Siswa : PUISI

Berikut adalah beberapa puisi karya siswa siswi MI Islamiyah Alwathaniyah yang mengikuti nominasi untuk ditampilkan di Elwathany News edisi Juni 2010. Puisi di bawah ini adalah murni karya siswa. Tidak ada editan sedikitpun dari redaksi.

Teruslah berkarya wahai anakku, bawalah kejujuranmu dalam menulis maupun perbuatan hingga kelak kamu dewasa.

IBU
Karya : Nia (kelas V)

Menyebut namamu
Kuingin semua kasih dan perjuanganmu
Meski semua ini tak pernah kurasakan
Semua yang telah kau berikan untukku

Kini kusadari semua kasih sayangmu
Yang selalu ada untukku
Kuingin engkau selalu ada
Dalam setiap hembusan nafasu
Seperti aku yang selalu dalam hatimu

Dalam hembusan nafasmu,
Dalam langkahmu dan dalam benakmu
Lantunan syair kasihmu dapat kurasakan

Kini kusadari untuk kesekian kalinya
Selama ini diriku terlalu hina dimatamu
Diriku yang selalu melukai hatimu
Tapi dibalik semua itu
Aku sangat sayang padamu
Seperti sayangmu padaku

PETANI
Karya : Ain (Kelas V)

Setiap hari engkau mencari nafkah
Demi menghidupi keluargamu
Kau tanamkan padi diladang yang sangat luas
Kau sungguh berjasa bagi bangsa kita.

Tanpa ada petani kita tak bisa makan
Bila ada tikus atau burung
Kau mengusirnya dengan suaramu
Hingga suaramu habis

Dengan kerja kerasmu
Kita bisa makan
Hingga sekarang aku dewasa
Tanpa kau …………
Kita tidak akan seperti ini

MENUNTUT ILMU
Karya : Alfina (kelas III)

Sekolahku
Tempatku mencari ilmu
Setiap hari senin hingga sabtu
Aku selalu hadir ditempatmu

Di sekolah inilah
Kubelajar berbagai pengetahuan
Aku mengerti tentang budi pekerti
Semuanya berguna jika aku besar nanti

Menuntut ilmu
Adalah perlu untuk semua orang
Siapapun yang ingin pandai
Tuntutlah ilmu tertinggi mungkin

ADIKKU
Karya : Fitri (Kelas IV)

Adikku …. engkau sangat lucu dan selalu bermain bersama teman-temanmu
Kalau kamu tidur kubacakan doongeng untuk adikku yang tersayang
Adikku ….. kau sangat cantik
Kakakmu akan ada disampingmu selama kamu ada disamping kakak
Kamu harus rajin belajar sampai pandai
Adikku …. kamu harus juara I
Adikku …. kamu harus menghormati orang tua
Dan kamu harus membantu orang tua
Adikku …. semua kamu harus kerjakan
Adikku …. Kamu harus menyayangi keluargamu

IBUKU
Karya : Malita (Kelas IV)

Ibu engkau adalah malaikat hidupku
Aku tak bisa hidup tanpa ibu
Ibu adalah seorang yang menyayangi anaknya tanpa henti

Dan ibu sudah membesarkan anaknya
Mulai dari kecil hingga besar
Tapi aku tidak pernah membahagiakan ibu

Aku ingin membuat ibu bangga kepadaku
Agar ibu selalu tertawa
Maafkan aku ibu untuk semua kesalahanku

GURUKU
Karya : Nia (kelas IV)

Guruku engkau yang mengajarku di sekolah
Dan engkau yang menjadikan aku pintar
Dan engkau adalah orang tuaku di sekolah

Oh! Guruku engkau adalah orang yang terhebat
Dan engkau seorang guru yang baik
Dan aku menyayangimu
Dan engkau adalah orang yang terhebat di sekolah
Dan aku sangat mengharapkanmu
Dan engkau yang mengasihku ilmu
Dan engkau yang mendidikku sejak kecil sampai dewasa
Terima kasih

SEKOLAHKU
Karya: Syifa’ (Kelas III)
Sekolahku kau sangat bersih
Membuat aku nyaman ditempatmu
Belajar menjadi nyaman
Sehingga semangat belajar semakin bertambah

Sekolahku yang indah
Setiap hari aku memandangmu
Tek jemuh aku melihatmu
Karena kau bersih dan indah

Sekolahku yang nyaman
Tiap hari ratusan anak ditempatmu
Belajar dengan sungguh-sungguh
Untuk menuntut ilmu

Sekolahku…..
Aku sangat mencintaimu
Kaulah tempat ku menuntut ilmu

IBU
Karya : Tasha (kelas III)

Oh ibu sembilan bulan kau mengandungku
Kau bawah aku kemanapun kau pergi
Kau sayang kepadaku hingga aku lahir didunia yang indah ini

Oh ibu kasih sayangmu tak pernah hilang kepadaku
Dan aku juga sayang dan cinta kepadamu untuk selamanya
Ibu kasih sayangmu tak pernah aku lupakan dihatiku
Dan aku tak pernah lupa atas jasa-jasamu
Oh inu kau selalu ada dihatiku

Ibu terima kasih telah menyayangiku dengan tulus kepadaku
Terima kasih oh ibu

BURUNG
Karya : Aisyah (kelas II)

Kulihat burung terbang melayang
Terbang tinggi di angkasa
Tak pernah lelah pagi dan petang
Melihat seluruh alam terbuka

Jika aku seperti burung
Kubuka lebar sayapku
Terbang tinggi di angkasa
Melihat alam negeriku

KELINCIKU
Karya : Risda (kelas IV)

Kelinciku kau sangat lucu dan menggemaskan
Kau membuat aku tersenyum riang
Hatiku menjadi senang dan gembira
Saat kau ada di dekatku

Oh… kelinciku begitu lembut bulu rambutmu
Kau membuat orang-orangm enjadi suka padamu

Oh… kelinciku
Kau suka melompat tinggi
Kau suka makan wortel dan sayur-sayuran

Oh… kelinciku
Sungguh aku ingin memilikimu selamanya

BUNGA MAWAR
Karya : Risda (kelas IV)

Bunga mawar yang indah
Hidup di taman di belakang rumahku
Baumu sangat harum dan mewangi
Kau berwarna merah

Oh… bunga mawarku yang indah
Aku akan menyiramimu setiap pagi dan sore
Agar kau tetap hidup di tamanku yang indah ini

Oh… bunga mawar
Aku tidak akan melupakanmu
Karena kau sudah membuat tamanku menjadi indah
Daunmu menghijau di taman
Durimu sangat tajam dan indah di taman

BINTANG
Karya : Mareta (kelas IV)

Bintang kau terlihat terang
Pada saat malam hari yang petang
Cahayamu menerangiku
Pada malam hari yang gelap

Bintang kau terlihat indah
Karena cahayamu yang berkelap-kelip
Cahayamu selalu menghiburku
Pada saar aku bersedih

Bintang kau menerangi bumi ini
Dengan seterang-terangnya
Bintang namamu indah dimataku
Bagiku kau adalah sang bintang

Bintang bagiku cahayamu
Yang paling terang-menerang
Pada saat malam hari
Namamu sering kupuja-puja

KUCINGKU
Karya : Mita (kelas IV)

Kucingku engkau kucing yang selalu kusayangi
Engkau kuberi makan setiap hari
Oh…. Kucingku engkau menghibur saat aku sedih
Kucingku mempunyai bulu yang lembut dan berwarna putih

Kucingku engkau berwarna putih dan melambangkan kesucian
Oh… kucingku engkau selalu kusayangi dari hidup sampai mati

Kucingku engkau kuberi nama Pussy
Ketika kupanggil dia selalu datang kepadaku

Kucingku kuberi nama Pussy
Yang artinya kucing yang selalu disayangi oleh seorang wanita yang cantik

Untuk melihat pemenang yang ditampilkan di dalam elwathany news, silahkan klik disini.

5 gagasan untuk “Karya Siswa : PUISI

  1. california travel insurance Juni 17, 2010 pukul 7:09 pm Reply

    semangat…salamm kenal..

    di tunggu kunjungan balknya..

    terima kasih

    • alwathaniyah Juni 18, 2010 pukul 1:11 am Reply

      terima kasih atas kunjungannya… langsung meluncur ke tkp. :)

      • tia kusuma November 30, 2011 pukul 10:17 am

        aku suka dengan puisi tentang sekolah ku tapi aku mencari 4 alenea bukan 3

  2. srichandrapawitri Januari 6, 2012 pukul 11:20 am Reply

    ada gak yang puisinya namanya sekolahku yang indah

Tinggalkan Balasan

