ESL for Teacher at MIIW

ESL (English as a Second Language) for Teacher merupakan salah satu program peningkatan mutu guru di MI Islamiyah Alwathaniyah. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kualitas guru dalam penguasaan Bahasa Inggris. Disamping Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris merupakan point penting yang harus dikuasai oleh setiap guru alwathaniyah dalam pembelajaran di kelas. Wujud aplikasi dari program ini adalah setiap guru membuat suatu pembelajaran billingual yang mana Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pengantar dalam setiap pelajaran. Disamping dalam pembelajaran dikelas, billingual juga diterapkan dalam test yakni soal yang diujikan berbahasa Inggris dan Indonesia dengan kuota 50:50.

Program ESL for Teacher ini dilaksanakan setiap hari sabtu setelah pulang sekolah (start at 11.45). Setiap guru diberi kesempatan untuk menjadi tutor bagi guru yang lain. Jadwal untuk sabtu ini (20-02-2010) adalah Mr. Qomar, guru kelas 1 ICP. Tema pembelajaran yang disampaikan adalah tentang number (1-100). Diawali dengan metode student center, para guru yang juga sebagai siswa berhitung mulai dari 1-100 dalam Bahasa Inggris. Antusiasme dari para guru sangat tampak sekali ketika ada salah satu guru yang salah menyebut angka, sontak guru yang lain membenarkan dan ini sangat menyenangkan sekali. Disusul materi smaller-greater number, kemudian tentang More than (>), Less than (<), dan Equal to (=) Mr. Qomar akhirnya menutup ESL untuk Sabtu ini. Sabtu depan yang mendapat giliran menjadi Tutor ESL adalah Mr. Fattah. Bagaimanakah ESL sabtu depan? metode apakah kira-kira yang dipakai Mr. Fattah? kita tunggu sama-sama.

Iklan

One thought on “ESL for Teacher at MIIW

  1. […] Sabtu, 20 Maret 2010 – Kalau pada ESL for Teacher sebelumnya Mr. Qomar telah membahas tentang number. Kali ini Mr. Afandik yang kedapatan menjadi tutor menyampaikan materi dengan tema money. Dengan […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: