ESL for Teacher: Living Things and Non Living Things by Mrs. Miftach

Sabtu, 27 Maret 2010 – ESL for teacher tak ada habisnya mengeksplorasi kemampuan Bahasa Inggris para guru MI Islamiyah Alwathaniyah. Kali ini Mrs. Miftachul ‘Ilmiyah yang kedapatan menjadi tutor, menyampaikan materi pelajaran sains, yaitu Living Things and Non Living Things. Sebuah keberanian dalam pemilihan materi dimiliki oleh ustadzah asal Cukir ini, dimana dalam keseharian bidang yang diajarkan adalah Aqidah, Fiqh, SKI, Quran Hadits dan B. Arab. ESL for Teacher memang tidak memandang basic keilmuan para guru, yang terpenting adalah berusaha bicara B. Inggris sebagai bahasa kedua selain bahasa Indonesia.

Tepat pukul 12.30 ESL for Teacher dimulai. Memang agak mundur dari jadwal seharusnya yakni pukul 11.45, tapi sungguh tidak mengurangi rasa antusiasme para guru. Tidak berbeda dengan metode yang dilakukan oleh Mr. Afandik pada ESL sebelumnya, yakni student oriented dimana para guru bergantian menyebutkan contoh dari living things (Benda Hidup) maupun non living things (Benda Tidak Hidup). Mungkin materi ini terlalu mudah, tapi menjadi sulit dan seru ketika kita harus menjabarkan dengan bahasa inggris mengapa disebut sebagai living things ataupun non living things. Sebagai contoh, Banana, Living things or Non Living things? Dalam bahasa Indonesia arti Banana adalah pisang, ada yang menjawab pisang termasuk living things Karena mempunyai sifat “can grow, move and reproduce”, ada pula yang menjawab non living things karena pisang termasuk makanan. Menurut anda, living or non living thing?. Heheheh..

Memang ini adalah kali pertama Mrs. Miftach mengajar Sains denga nmenggunakan B. Inggris di depan guru yang lain yang juga sebagai siswanya. Sesekali Mrs. Miftach terpatah-patah berusaha mengucapkan maksud dengan Bahasa Inggris. Wajar jika ada beberapa kekeliruan dalam pronunciation maupun arti, tapi ini sungguh membuat pembelajaran semakin menarik dan seru. Teringat masa sekolah dulu dalam pembelajaran kita saling menertawakan jika ada yang salah, ya.. tidak masalah jika diketawakan yang terpenting kita sudah berani berucap (English…3x Yess). Oke Oke…😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: