ISTIGHOTSAH MENJELANG UASBN

Bagi seluruh sekolah tingkat dasar ( SD / MI) akan mempunyai hajat besar selama 3 hari yaitu UASBN (ujian akhir sekolah berstandar nasional) yang akan dilaksanakan pada hari Selasa-Kamis tanggal 4-6 Mei 2010.

Dalam rangka hajatan tersebut, berbagai persiapan telah dimulai dari empat bulan yang lalu.  Sekolah dengan  memberikan tambahan jam belajar setelah pulang sekolah. Sedangkan orang tua siswa dengan mendaftarkan anaknya pada bimbingan belajar yang ada di sekitar tempat tinggal.

Anggaran yang keluarkan oleh sekolah dan orang tua tidak sedikit. Pengeluaran bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan. Semua dilakukan agar anak-anak bisa LULUS ujian dengan hasil yang memuaskan.

Adapun Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Alwathaniyah Mojoanyar Bareng Jombang juga memberikan tambahan jam belajar untuk anak-anak kelas VI. Setiap hari Sabtu juga diberikan try-out sebagai latihan dalam penguasaan soal-soal ujian. Hal tersebut adalah sebagai usaha dan strategi dalam mendongkrak kemampuan kognitif anak.

Namun, usaha saja tidaklah cukup dalam menghadapi UASBN. Usaha yang bersifat religius juga dilaksanakan sebagai sandaran vertikal. Kita tidak hanya mengandalkan belajar dan belajar. Istighotsah juga dilaksanakan untuk memohon pertolongan kepada allah agar diberikan kemudahan, kelancaran, yang pada akhirnya anak-anak akan mendapatkan kelulusan dalam menempuh ujian. Dan yang lebih penting lagi adalah mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat, baik untuk agama, bangsa dan negara, di dunia dan akhirat. Amin.

Siswa-siswi MadrasahIbtidaiyahIslamiyah Alwathaniyah Mojoanyar Bareng Jombang secara rutin mengadakan istighotsah setiap hari Jumat. Dan pada puncaknya, istighotsah dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 1 mei 2010 yang bertempat di masjid Al-Huda. Istigotsah tersebut diikuti oleh seluruh siswa MadrasahIbtidaiyahIslamiyah Alwathaniyah Mojoanyar Bareng Jombang mulai kelas I-VI beserta dewan guru dan staf.

Sebelum istigotsah dilaksanakan, terlebih dulu mereka melaksanakan shalat dhuha dan hajat. Adapun sholat dhuha dan hajat langsung dipimpin oleh kepala MadrasahIbtidaiyahIslamiyah Alwathaniyah Mojoanyar Bareng Jombang, bapak Abd. Fattah,S.S. Istigotsah dipimpin oleh bapak Qomaruddin, S.Pd. dan ditutup dengan barokah doa oleh bapak Abd. Fattah,S.S., bapak Afandik Nofianto, S.Pd dan M. Zamroni Urfan, S.Sos.I.

Tak ketinggalan, setelah istighotsah selesai dilanjutkan dengan pemberian motivasi khusus kepada siswa-siswi kelas VI oleh dewan guru sebagai dukungan moral dan spiritual. Yang paling akhir adalah memohon doa restu dan permohonan maaf kepada dewan guru dan adik kelas mulai kelas I-V. mereka dengan perasaan tulus dan dan bahkan sebagian lagi dengan mata berkaca-kaca dan bercucuran air mata.

Akhirnya, seluruh dewan guru dan seluruh siswa kelas I-V mengucapkan selamat menempuh UASBN, semoga mendapatkan nilai yang memuaskan dan LULUS  dalam ujian. (Mr. Qomaruddin)

GOOD LUCK.

Iklan

3 thoughts on “ISTIGHOTSAH MENJELANG UASBN

  1. Wildan Mei 1, 2010 pukul 8:05 am Reply

    Sukses untuk Siswa Kelas VI. Semoga Allah memberi hidayahNya pada kalian sehingga dengan mudah kalian dapat menghadapi UASBN. Amin…

  2. yusami Mei 3, 2010 pukul 10:52 am Reply

    Anandaku juga akan menghadapi UASBN, semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan menjadikan anak-anak yang berilmu baik ilmu duniawi maupun bekal bagi akhiratnya, Amin ya Robbal ‘aalamiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: