Internet di MI Islamiyah Alwathaniyah

Internet sudah menjadi kebutuhan yang wajib bagi warga MI Islamiyah Alwathaniyah. Banyak hal yang didapatkan dari Internet. Mulai dari artikel dan bahan ajar untuk guru-guru, penugasan untuk anak-anak, hingga pemanfaatan internet untuk pembelajaran dikelas secara online.

Hampir 3 tahun sudah MI Islamiyah Alwathaniyah terkoneksi internet. Mulai dari Telkomnet Instant dimana kami harus bersabar karena akses yang lambat (lemot), hingga kami berganti 3 x paket speedy. Memang pada awalnya cukup membebani anggaran madrasah. Tetapi dengan tekad yang kuat, kami harus belajar dan warga madrasah tidak boleh gaptek (gagap teknologi).

Akhir tahun 2008, Telkomnet Instant kami putus dan beralih ke Paket Speedy Time Based (Rp. 200.000/50 Jam). Akses sudah lumayan cepat, tapi tarif menurut kami masih relatif mahal. Hampir setiap hari koordinator komputer harus mengawasi penggunaan akses internet. Hal ini dilakukan karena dikhawatirkan melebihi kuota dan terjadi pembengkakan pembayaran.

Bulan Juni 2009, Telkom Speedy meluncurkan program Rp. 50.000/50 Jam. Tanpa pikir panjang, kami langsung beralih ke program ini. Alhamdulillah selama hampir 1 tahun program berjalan, internet dapat dimanfaatkan dengan baik. Dari pelatihan pembuatan email untuk anak-anak, hingga penugasan dimana mereka harus mencari jawaban di internet. Guru-guru pun tak mau kalah, sebagian besar mereka sudah memiliki email dan mahir dalam penggunaan internet. Bahkan yang paling membanggakan, akhirnya MI Islamiyah memiliki blog dimana warga madrasah dapat mengakses blog tersebut di https://alwathaniyah.wordpress.com.

Saat ini akses internet MI Islamiyah Alwathaniyah sudah migrasi ke paket Speedy Family/Socialia (Unlimited 384/kbps) dari paket sebelumnya kuota Rp. 50.000/50 Jam. Madrasah memutuskan untuk migrasi karena masa untuk kuota Rp. 50.000/50 Jam telah habis dan tidak dapat dilanjutkan karena program itu untuk tahun 2010 sudah tidak ada. Jika anggaran memungkinkan, ke depan madrasah berupaya untuk membuat layanan hotspot/wifi untuk warga madrasah dan warga sekitar madrasah, Semoga 🙂

Pemanfaatan Internet di MI Islamiyah Alwathaniyah memang belum begitu maksimal. Hal ini dikarenakan jumlah komputer tak sebanding dengan jumlah siswa. Namun demikian, kami terus berupaya dan berharap agar seluruh warga MI Islamiyah Alwathaniyah tidak gaptek dan nantinya dapat menggunakan teknologi ini secara positif. (fndk)

Iklan

6 thoughts on “Internet di MI Islamiyah Alwathaniyah

  1. hanif Mei 25, 2010 pukul 11:15 am Reply

    kapan masang Wi-Fi ommmm ??? 😀 😛

    • alwathaniyah Mei 26, 2010 pukul 12:03 am Reply

      Nunggu anggaran nif, Anggaran untuk pengembangan komputer tahun ini sudah cukup banyak.. moga ja tahun ajaran baru bisa terealisasi.. 🙂

  2. sirojul muttaqin Mei 25, 2010 pukul 12:53 pm Reply

    bagus bagus banget …………
    ikutan join yah

  3. miislamiyahkalilandak Mei 28, 2010 pukul 10:40 am Reply

    Semoga terealisasi
    salam kenal MI nya Maju…pengen mempunyai mi yang maju…mohon untuk memberikan..program2nya…majulah pendidikan indonesia majulah madrasahku

    • alwathaniyah Mei 29, 2010 pukul 12:46 am Reply

      Amin…
      wah.. senangnya dapet teman baru lagi… semoga semakin banyak MI yang memiliki blog.. 🙂
      Salam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: