Kegiatan Halal Bihalal 1431 H

Alhamdulillah masa liburan lebaran telah usai. Kini saatnya seluruh civitas akademika MI Islamiyah Alwathaniyah memulai aktifitas belajar mengajarnya lagi. Seperti pada tahun sebelumnya, aktifitas perdana setelah lebaran adalah kegiatan Halal bi Halal. Kegiatan ini merupakan moment bagi para civitas akademika untuk saling memaafkan satu sama lain, baik ustadz/ah dengan ustadz/ah, santri dengan santri, ataupun santri dengan ustadz/ah.

Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih 1 jam mulai pukul 07.30 – 08.30. Seluruh santri dan ustadz/ah berkumpul di teras kelas timur. Dibuka oleh Ustadzah Ayu Wulandari selaku pembawa acara. Kemudian sambutan oleh kepala Madrasah yakni Abd. Fattah, S.S. Dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa hal berkenaan dengan moment Halal Bihalal. Halal Bihalal merupakan salah satu sarana perwujudan sikap rendah hati antara sesama manusia (Hablum Minannas) untuk saling memaafkan. Dalam memberikan maaf, kita tidak boleh hanya terbatas dari mulut saja. Akan tetapi pemberian maaf kepada orang lain harus dari hati, jika kita ikhlas Insyaallah kita juga terhindar dari dosa dan kebencian yang berlarut. Disampaikan juga bahwa moment untuk meminta dan memberi maaf tidak hanya dalam waktu idul fitri saja, tetapi kapanpun, dimanapun jika kita khilaf kita harus langsung meminta maaf dan memberi maaf pada waktu itu juga.

Acarapun akhirnya ditutup dengan doa yang disampaikan oleh Ustadz Zamroni Urfan, S.Sos.I. Setelah doa, seluruh civitas akademika melakukan musafakhah bersama-sama. Semoga dengan kegiatan ini, kita bisa mengambil hikmah untuk bisa ikhlas dalam memaafkan dan meminta maaf. Taqobbalallahu Minna Wa Minkum…

Berikut Dokumentasi yang berhasil diabadikan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Foto juga diupload disini.

4 thoughts on “Kegiatan Halal Bihalal 1431 H

  1. Alusia May September 20, 2010 pukul 10:14 am Reply

    semoga semakin maju dan bisa bermanfaat bagi umat

    • alwathaniyah September 20, 2010 pukul 10:18 am Reply

      Amin.. Terima kasih kunjungannya…🙂

  2. Sawali Tuhusetya September 20, 2010 pukul 9:08 pm Reply

    hari pertama masuk sekolah pascalebaran, di sekolah tempat saya mengajar juga dilaksanakan halal bihalal, pak fendik. bahkan, anak2 dipulangkan lebih awal utk memberikan kesempatan kepada mereka jeda menjelang memasuki hari efektif kembali.

    • alwathaniyah September 21, 2010 pukul 5:22 am Reply

      Iya pak.. kemarin anak2 juga dipulangkan lebih awal.. sekitar pukul 10.00. Dengan begitu anak2 tidak terlalu shock memulai belajarnya, dan esoknya mereka siap tempur untuk tholabul ‘ilmi.🙂.. thanks kunjungannya pak sawali semoga anda sehat selalu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: