Gus Dur Resmi Jadi Pahlawan Nasional

SURABAYA, KOMPAS.comKementerian Sosial telah menetapkan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur sebagai Pahlawan Nasional. Mantan presiden ke-4 RI itu resmi ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional tanggal 1 Oktober 2010.

Demikian diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Senin (4/10/2010) di sela Sidang Paripurna DPRD Jatim, di Surabaya. “Tanggal 1 Oktober 2010 kemarin, Gus Dur resmi ditetapkan sebagai pahlawan. Harapan kami, gelar ini bisa diumumkan 1 November 2010,” ujarnya.

Harapan masyarakat terhadap penganugerahan gelar Pahlawan Nasional kepada Gus Dur sangat kuat. Setiap akhir pekan, makam mantan presiden yang terkenal pluralis ini dikunjungi sekitar 8.000 orang.

Kini, kompleks makam almarhum Gus Dur sedang direnovasi. Disiapkan dana sekitar Rp 180 miliar yang berasal dari APBD Kabupaten Jombang, Pemerintah Provinsi Jatim, dan APBN untuk membangun fasilitas infrastruktur pagar dan jalan ke makam.

2 thoughts on “Gus Dur Resmi Jadi Pahlawan Nasional

  1. Sawali Tuhusetya Oktober 4, 2010 pukul 4:24 pm Reply

    alhamdulillah, akhirnya kontroversi tentang jadi tidaknya cucu pendiri NU itu dinobatkan sbg pahlawan nasional berakhir sudah. semoga memang benar adanya, pak fendik. salam.

    • alwathaniyah Oktober 5, 2010 pukul 5:50 am Reply

      alhamdulillah.. terlepas diakui atau tidak diakui, gusdur telah banyak berjasa untuk bangsa ini.. Semoga amal ibadah beliau selalu menjadi amal yang khasanah..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: