Usaha Kesehatan Sekolah di MI Islamiyah Alwathaniyah

MI Islamiyah Alwathaniyah – Sebagai madrasah yang menjunjung tinggi nilai keindahan dan kesehatan, MI Islamiyah Alwathaniyah senantiasa selalu berupaya untuk menjaga kesehatan warga madrasah dan keindahan lingkungan melalui program UKS. Setiap dua minggu sekali yakni pada hari jumat, seluruh warga MI Islamiyah Alwathaniyah melakukan senam bersama. Selain untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, senam bersama merupakan kegiatan yang di tunggu-tunggu siswa karena setelah senam biasanya mereka di ajak jalan kaki ke sekitar madrasah. Baik itu jalan-jalan ke kampung ataupun ke sawah untuk melihat dan menghirup sejuknya udara desa di pagi hari.

Untuk menjaga keindahan lingkungan, setiap 1 bulan sekali dilaksanakan kerja bakti. Kerja bakti ini dilaksanakan oleh seluruh warga madrasah baik itu guru maupun siswa. Mereka membersihkan ruangan kelas maupun kantor, halaman, kamar mandi, taman, dan kolam. Melalui kerja bakti ini, selain untuk menjaga kebersihan lingkungan, juga untuk memupuk rasa cinta terhadap lingkungan serta meningkatkan semangat kerjasama dan kegotongroyongan antar warga madrasah.

Selain proram olahraga bersama dan kerja bakti, untuk melihat perkembangan kesehatan siswa juga dilakukan pengukuran tinggi dan berat badan. Ustadz Zamroni Urfan selaku koordinator UKS MI Islamiyah Alwathaniyah menjadwal pengukuran berat dan tinggi badan siswa dilakukan 2 bulan sekali. Jumat ini adalah kali kedua pengukuran tinggi dan berat badan yang dilakukan pada tahun ajaran 2010/2011. Dalam pelaksanaannya, Ustadz Zamroni tidak sendirian, akan tetapi dibantu oleh para tiwisada UKS yang telah dilatih sebelumnya. Tiwisada bertugas mengukur dan mencatat tinggi/berat badan serta memeriksa kebersihan gigi dan rambut para siswa.

Banyak dari siswa yang mengalami perkembangan baik itu tinggi ataupun berat badan. Namun tidak sedikit pula siswa yang kedapatan rambut dan giginya kurang terawat. Mereka diingatkan oleh para tiwisada untuk selalu menjaga kebersihan gigi maupun rambut. Gosok gigi minimal 2  kali sehari sedangkan untuk menjaga kebersihan rambut mereka diharuskan untuk keramas minimal 2 hari sekali.

Semoga program yang baik ini dapat berjalan sesuai jadwal dan membuat warga madrasah semakin sadar betapa pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan. Salam kesehatan…

Berikut beberapa foto kegiatan UKS MI Islamiyah Alwathaniyah

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Foto juga bisa dilihat disini

 

6 thoughts on “Usaha Kesehatan Sekolah di MI Islamiyah Alwathaniyah

  1. Sawali Tuhusetya Oktober 9, 2010 pukul 10:02 am Reply

    wah, program2 pendidikan di mi alwathaniyah bener2 berbasiskan pendidikan karakter, pak fendik. semoga sukses semua program yang telah direncanakan. salam.

    • alwathaniyah Oktober 10, 2010 pukul 10:28 am Reply

      Alhamdulillah pak, kami ingin nantinya penerus bangsa ini benar-benar dari golongan orang-orang yang mempunyai karakter yang baik dan berkualitas.. makasih pak sawali..

  2. M Mursyid PW Oktober 13, 2010 pukul 6:24 pm Reply

    UKS di sekolah saya mandul, Pak.

    • alwathaniyah Oktober 13, 2010 pukul 9:46 pm Reply

      Wah.. kok mandul pak.. harus sering olahraga biar ndak mandul pak.. hehehe… Salam UKS..

  3. niki melio Maret 3, 2012 pukul 8:58 am Reply

    halo sayang sahabatku sekolah mi.islamiyah geluran teman pondok jati

  4. niki melio Maret 3, 2012 pukul 9:01 am Reply

    nama : niki melio dirumah nenekku saudarahku sidosermo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: