Latihan Manasik Haji Part I

MI Islamiyah Alwathaniyah – Jumat, 5 November 2010 aktifitas anak-anak setelah olahraga bersama adalah latihan manasik haji.  Memang tidak seperti pada hari jumat biasa yang dilakukan setelah olahraga bersama adalah jalan-jalan, game ataupun kerja bakti. Seperti pada tahun sebelumnya, dalam rangka memperingati Idul Adha MI Islamiyah Alwathaniyah selalu melaksanakan kegiatan Manasik Haji dan Idul Qurban. Latihan manasik haji ini dilakukan guna mensukseskan kegiatan Manasik Haji yang InsyaAllah akan dilaksanakan pada tanggal 19 November 2010.

Dengan persiapan seadanya, panitia menyiapkan berbagai tempat dan tulisan yang akan dipakai pada latihan manasik haji yang pertama ini.  Miniatur Ka’bah yang masih terbuat dari tumpukan meja kursi, Balang Jumrah yang hanya berupa pohon kecil, dan masih banyak lagi tempat yang digunakan ketika melaksanakan latihan ini. Meskipun hanya seadanya, namun ini tidak sedikitpun mengurangi semangat para siswa dan guru untuk melaksanakan latihan ini.

Sekitar pukul 8 tepat, latihan manasik haji ini dimulai. Bacaan talbiyah dan do’a-do’a berkumandang mengiringi latihan manasik haji kali ini.  Terdapat beberapa siswa yang masih belum hafal do’a-do’a haji ini, sehingga mereka melakukan latihan manasik haji ini sambil membaca lembaran do’a yang diberikan sebelum latihan. Terutama siswa kelas I, ini adalah kali pertama mereka melaksanakan latihan. Tentu saja ini menjadi pengalaman baru yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya.

Cuaca sejuk saat itu sungguh membuat latihan ini semakin menjadi asyik  dan  alhamdulillah latihanpun menjadi lancar. Para siswa dengan bimbingan guru tampak semangat dalam mengikuti latihan ini. Subhanallah.. Semoga latihan yang pertama ini, dapat menjadikan para siswa dan guru lebih baik lagi dalam melaksanakan program keagamaan yang akan digelar 2 minggu lagi. Sampai jumpa Jum’at depan pada latihan manasik haji yang kedua. 🙂

Berikut beberapa foto yang tergambar

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Iklan

10 thoughts on “Latihan Manasik Haji Part I

  1. budies

    @menjawab pertanyaan bapak yang ditulis di kolom komentar blog saya:
    betul pak, cukup di scan lantas dikirim sesuai email pada lembaran tersebut.. terus tembusan juga dikirim ke dinas disdikpora untuk pemberitahuan…. siapa tahu nanti ada pelatihan kita bisa ketemu pak, semoga

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s