Peringatan Hari Pahlawan di MI Islamiyah Alwathaniyah

Momen peringatan hari pahlawan di MI Islamiyah Alwathaniyah tahun ini agaknya sedikit berbeda dengan peringatan tahun-tahun sebelumnya. Biasanya, pada hari Pahlawan kita peringati dengan upacara biasa dan petugasnya adalah para siswa. Untuk peringatan tahun ini, petugas upacara adalah para guru dan staff MI Islamiyah Alwathaniyah Mojoanyar Bareng Jombang. Tentu ini suatu hal yang baru bagi para siswa dan guru, suasana yang tercipta-pun menjadi sangat hikmat.

“Pergantian petugas ini selain memupuk rasa kebersamaan sebagai warga madrasah, juga untuk memberikan contoh kepada siswa tentang pelaksanaan upacara yang baik” Kata Abd. Fattah, S.S. selaku kepala madrasah sekaligus Pembina upacara peringatan 10 November tahun ini. Dalam amanatnya, kepala madrasah juga menyampaikan betapa pentingnya menjaga keutuhan NKRI. Beliau menceritakan bagaimana susahnya para pejuang untuk merebut kemerdekaan dari penjajah. Mereka mengorbankan jiwa dan raganya sampai tetes darah penghabisan demi sebuah kemerdekaan yang hakiki.

Upacara yang berlangsung selama kurang lebih 40 menit itu, berjalan dengan hikmat dan lancar. Selesai upacara, seluruh warga madrasah melakukan penggalangan dana sebagai wujud empati dan kepekaan sosial terhadap bencana yang menimpa negeri ini. Bencana yang menimpa negeri secara beruntun ini, turut menjadikan para warga madrasah terketuk hatinya untuk menyisihkan uang mereka membantu meringankan beban para korban. Alhamdulillah, dana yang terkumpul dari penggalangan ini sejumlah Rp. 643.000. Meski tidak terlalu besar, namun hal ini sangat berarti bagi warga madrasah sebagai proses pembelajaran pembentukan karakter siswa dan guru agar memiliki kecerdasan sosial dan kecerdasan emosional.

Semoga momen peringatan hari pahlawan 10 Nopember 2010 ini bisa memberikan pembelajaran agar selalu menghormati jasa para pahlawan dan selalu peka terhadap nasib bangsa ini. Bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu menghargai jasa pahlawannya. Kita sebagai anak bangsa harus mampu melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan memberikan warna positif dalam mengisi kemerdekaan dan melanjutkan pembangunan dalam segala aspek kehidupan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Iklan

7 thoughts on “Peringatan Hari Pahlawan di MI Islamiyah Alwathaniyah

  1. aldy

    Peringatannya disertai dengan pembagian paket juga?

    Sudah lama tidak ikut merayakan Hari Pahlawan, seingat saya sejak usai pendidikan, tidak pernah lagi merayakan hari pahlawan secara formal.

    Balas
  2. Ping balik: Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2011 | MI ISLAMIYAH ALWATHANIYAH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s