Screening, Deteksi Kesehatan Siswa Sedini Mungkin

MI Islamiyah Alwathaniyah, 25 Nopember 2010 – Foto di atas memperlihatkan salah satu siswi kelas 1 ICP MI Islamiyah Alwathaniyah tampak sedang diperiksa (screening) oleh tim Pembina UKS dari Puskesmas Bareng Jombang. Ya, mereka sedang mengikuti program pembinaan UKS kerjasama antara UPTD Puskesmas Bareng dan MI Islamiyah Alwathaniyah. Salah satu dari program kerjasama ini adalah screening.

“Screening dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan siswa, mulai dari pemeriksaan mata, telinga, gigi, serta jantung” Ungkap dr. Sri Rahayu selaku ketua Tim Pembina UKS dari UPTD Puskesmas Bareng. Beliau menambahkan, dengan deteksi kesehatan sedini mungkin, dapat diketahui penanganan kesehatan yang benar terhadap kondisi tubuh siswa tersebut.

“Dari keseluruhan jumlah siswa kelas 1 ICP, ditemukan ada 5 siswa/i yang giginya tidak terawat serta ada 10 siswa/i yang telinganya kotor” Ungkap Nisful Lailliyah selaku tim pendamping menjelaskan hasil dari screening ini.  Ditambahkan Marli’anah, yang juga tim pendamping, siswa yang kedapatan gigi ataupun telinganya kotor/kurang baik, harap melakukan pemeriksaan lanjut ke Puskesmas dengan didampingi oleh orang tuanya.

Sekitar 1 jam lebih akhirnya screening selesai. Hasil dari screening ini ternyata memang banyak siswa yang kedapatan gigi dan telinganya kurang terawat. Untuk hasil periksa mata dan jantung, Alhamdulillah seluruh siswa tidak mengalami kelainan. “Semoga dengan hasil screening ini, madrasah dan orang tua siswa lebih memperhatikan lagi tentang kondisi kesehatan siswa. Sehingga siswa/i dapat belajar dengan lebih baik dan berprestasi.” Ungkap Fendik salah satu guru MI Islamiyah Alwathaniyah Mojoanyar ini.

Berikut beberapa foto proses Screening

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

 

 

Iklan

4 thoughts on “Screening, Deteksi Kesehatan Siswa Sedini Mungkin

    1. alwathaniyah Penulis Tulisan

      Terima kasih kunjungan baliknya pak. Untuk membuat photo gallery seperti di blog ini. Saya menggunakan software ulead gif animator 5. Untuk tutorialnya saya belum sempat membuatnya. InsyaAllah dalam waktu dekat akan segera dibuat tutorialnya. Salam hangat dari Jombang…

      Balas
  1. Ping balik: Imunisasi Campak Siswa Kelas I ICP « MI ISLAMIYAH ALWATHANIYAH

  2. Ping balik: Imunisasi Campak Siswa Kelas I ICP « MI ISLAMIYAH ALWATHANIYAH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s