TAI CHI BANGAU UNTUK KESEHATAN TUBUH DAN MENJAGA PENUAAN DINI

Oleh : Kak Mansur (Pelatih Wushu MI Islamiyah Alwathaniyah)

TAICHI dikenal sebagai salah satu olah raga yang dapat digunakan untuk memelihara kesehatan fisik, mental dan ketahanan tubuh. sehingga dapat survive dalam hidup. Ketahanan tubuh berarti kemampuan tubuh untuk mempertahankan diri terhadap berbagai tantangan dan gangguan yang datang dari dalam dan luar, termasuk di dalamnya penyakit, serangan dari musuh (bela diri) dan gangguan dari pengaruh lingkungan sekitarnya. Dalam perkembangannya, seni bela diri Taichi diolah lebih lanjut sehingga dapat dipertandingkan dalam suatu kejuaraan. Saat ini Taichi sudah menjadi salah satu nomor dalam kejuaraan wushu.

Manfaat Taichi BANGAU

Pertama, anak yang berlatih Taichi dengan pernapasan yang teratur dan cukup takarannya akan melancarkan peredaran darah. Pembuluh darah kecil (kapiler) akan bertambah, pembuluh-pembuluh darah akan masuk ke otot-otot, jantung dan sel-sel dalam tubuh akan mendapat lebih banyak oksigen dan zat makanan.

Kedua, latihan Taichi akan membantu menggerakkan otot yang besar secara teratur melalui kaki. Secara langsung maupun tidak, otot membantu memompa darah ke jantung lebih banyak setiap denyut jantung.

Ketiga, dengan latihan Taichi, kemampuan sel-sel otot untuk membakar lemak pun menjadi lebih besar. Timbunan glikogen dalam otot dan hati dapat dipergunakan lebih lama dalam suatu aktivitas fisik.

Keempat, berlatih Taichi membuat tulang rawan persendian, tendon akan terlatih dan menjadi lebih kuat. Otot lebih lentur, dan tidak mudah mengalami cedera. Orang yang tidak pernah berolah raga sama sekali dapat mengalami kekauan pada tulang dan persendiannya, meskipun usianya masih muda.

Kelima, mereka yang rajin berlatih Taichi juga dimungkinkan untuk memiliki berat badan stabil, tidak naik atau turun secara berlebihan. Bahkan, yang kurus bisa menjadi lebih gemuk atau sebaliknya yang gemuk bisa menurunkan berat badannya.

Manfaat yang dirasakan apabila disertai pernapasan yang benar dan sistematik serta memenuhi syarat-syarat yang ditentukan bisa mengubah jalan hidup seseorang. Lebih bersemangat dan segar, tidak merasa lelah. Daya konsentrasi dan daya ingat akan lebih baik. Tubuh memiliki daya tahan dari segala rangsangan, baik dari luar maupun dalam. Pengendalian emosi juga akan lebih baik.

5 thoughts on “TAI CHI BANGAU UNTUK KESEHATAN TUBUH DAN MENJAGA PENUAAN DINI

  1. lozz akbar Februari 2, 2011 pukul 3:07 am Reply

    wuih… bisa jadi Jet Lee nih adik – adik nanti…

  2. M Mursyid PW Februari 2, 2011 pukul 2:49 pm Reply

    Di sekolah saya eskul paling laku drumband dan juga beladiri (karate), Pak.

  3. M Mursyid PW Februari 3, 2011 pukul 12:45 pm Reply

    Ada info penting mengenai SKL dan KISI-KISI UASBN SD/MI 2010/2011 di blog saya.

    • M Mursyid PW Februari 3, 2011 pukul 1:17 pm Reply

      Sori, komen saya di atasi keliru nempel (paste). Kalau sekiranya ngebak-ngebaki, hapus saja, Pak.

      • alwathaniyah Februari 3, 2011 pukul 2:02 pm

        hehehe… tidak apa2 pak.. saya udah browse ke blog P mursyid tp gk ketemu.. hihihi,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: