Perjalanan Internet di MI Islamiyah Alwathaniyah

Perjalanan Internet di MI Islamiyah Alwathaniyah*

Internet sudah menjadi kebutuhan bagi warga MI Islamiyah Alwathaniyah, khususnya guru. Banyak hal yang didapatkan dari Internet. Mulai dari artikel dan bahan ajar untuk guru-guru, penugasan untuk anak-anak, hingga pemanfaatan internet untuk pembelajaran dikelas secara online. Dengan internet, tentu saja akses informasi yang didapatkan juga lebih cepat.

Lebih dari 3 tahun sudah MI Islamiyah Alwathaniyah terkoneksi internet. Mulai dari Telkomnet Instant dimana kami harus bersabar karena akses yang lambat (lemot), hingga kami berganti 3 x paket speedy. Memang pada awalnya cukup membebani anggaran madrasah. Tetapi dengan tekad yang kuat, kami harus belajar dan warga madrasah tidak boleh gaptek (gagap teknologi).

Akhir tahun 2008, Telkomnet Instant kami putus dan beralih ke Paket Speedy Time Based (Rp. 200.000/50 Jam). Akses sudah lumayan cepat, tapi tarif menurut kami masih relatif mahal. Hampir setiap hari koordinator komputer harus mengawasi penggunaan akses internet. Hal ini dilakukan karena dikhawatirkan melebihi kuota dan terjadi pembengkakan pembayaran.

Bulan Juni 2009, Telkom Speedy meluncurkan program Rp. 50.000/50 Jam. Tanpa pikir panjang, kami langsung beralih ke program ini. Alhamdulillah selama hampir 1 tahun program berjalan, internet dapat dimanfaatkan dengan baik. Dari pelatihan pembuatan email untuk anak-anak, hingga penugasan dimana mereka harus mencari jawaban di internet. Guru-guru pun tak mau kalah, sebagian besar mereka sudah memiliki email dan mahir dalam penggunaan internet. Bahkan yang paling membanggakan, akhirnya MI Islamiyah memiliki blog dimana warga madrasah dapat mengakses blog tersebut di https://alwathaniyah.wordpress.com.

Saat ini akses internet MI Islamiyah Alwathaniyah sudah migrasi ke paket Speedy Family/Socialia (Unlimited 384/kbps) dari paket sebelumnya kuota Rp. 50.000/50 Jam. Melalui paket ini, warga madrasah tidak perlu khawatir lagi akan kuota jam yang habis. Dengan biaya sekitar Rp. 200 ribu perbulan, mereka bisa belajar dari internet sepuasnya. Namun masalah tetap saja ada, yakni speed internet yang tidak bisa mencukupi kebutuhan warga madrasah.

Sekitar beberapa hari yang lalu (5/2/2011), akhirnya kami meluncurkan fasilitas hotspot/wifi yang telah terprogram sebelumnya. Dengan bermodal akses speedy paket socialia tersebut, akses internet telah dimanfaatkan dengan baik oleh para guru. Jika sebelumnya mereka browshing internet dengan menggunakan kabel yang cukup merepotkan dan hanya bisa digunakan di kantor, kini mereka bisa menggunakan laptop mereka secara mobile selama masih dalam range area hotspot tersebut.

Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan para warga madrasah lebih aktif -kreatif lagi dalam memanfaatkan internet. Khususnya para guru yang dalam era informasi ini diharapkan mempunyai wawasan yang lebih luas. Mereka dapat mengembangkan potensi cara mengajar mereka dari berbagai metode  pembelajaran yang ada di internet. Tidak hanya metode pengajaran, mereka juga bisa belajar apa saja yang ada di internet. Jika dimanfaatkan dengan baik maka tentu akan membawa dampak positif.

Perjalanan internet di MI Islamiyah Alwathaniyah bisa dibilang sudah cukup lama. Namun dari segi pemanfaatan bisa dikatakan belum begitu maksimal, terutama untuk siswa. Hal ini dikarenakan jumlah komputer tak sebanding dengan jumlah siswa. Telah banyak program dan proposal kami ajukan untuk pengadaan Lab computer & Perpus Online. Seperti sekarang ini, Alhamdulillah madrasah kami menjadi salah satu kandidat dari 10 finalis untuk program Free Computer For Your School dari Bhinneka.   Namun apakah madrasah kami menjadi salah satu pemenangnya? Tentu saja kami berharap demikian. 😀

Namun ketika melihat kandidat sekolah yang lain, mungkin optimisme untuk menjadi pemenang program ini menjadi pupus lagi. Banyak sekolah yang lain yang mungkin lebih membutuhkan perangkat komputer tersebut. Ini terlihat dari profil dan gambar kondisi sekolah yang dikirimkan oleh peserta. Kami bersyukur madrasah kami selangkah lebih maju dari segi fasilitasnya. Namun demikian, kami tidak boleh berhenti disini. Melalui berbagai informasi dari internet, kami yakin peluang akan selalu ada dan kami akan terus berupaya agar seluruh warga MI Islamiyah Alwathaniyah dapat memanfaatkan teknologi informasih dan komunikasi ini secara positif.

*Oleh : Fendik Rudianto (Admin Blog MI Islamiyah Alwathaniyah), Artikel ini diikutsertakan dalam Bhinneka Blog Competition yang diselenggarakan oleh http://www.bhinneka.com.

Iklan

Ditandai:,

6 thoughts on “Perjalanan Internet di MI Islamiyah Alwathaniyah

  1. sawali tuhusetya Februari 10, 2011 pukul 3:52 pm Reply

    sebuah upaya yang layak untuk terus dilakukan, pak fendik. internet dan dunia pendidikan, saat ini, ibarat dua sisi dalam sekeping uang.

  2. alwathaniyah Februari 11, 2011 pukul 1:24 pm Reply

    Iya pak sawali.. semoga kami bisa memanfaatkan teknologi ini dengan sebaik-baiknya. Makasih pak apresiasinya dan terus bimbing kami ya.. 😀

  3. hudaesce Februari 12, 2011 pukul 3:05 am Reply

    Berarti para siswa bukan hanya dituntut untuk menguasai dibidang Imtaq saja melainkan Iptek nya juga harus bisa dong. 🙂

    SEMANGAT !!!!

  4. alwathaniyah Februari 13, 2011 pukul 3:02 pm Reply

    benar mas huda.. imtaq dan iptek sebisa mungkin harus dikuasai. Semangat!!! 😀

  5. akhmad fauzi Februari 15, 2011 pukul 2:07 pm Reply

    maju terus pantang mundur….

    • alwathaniyah Februari 16, 2011 pukul 11:36 am Reply

      Go Blog.. Go My Madrasah.. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: