Hari Pertama UAMBN, Naskah Soal Kurang

UAMBN atau Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional yang dimulai hari ini (4/4) agaknya kurang begitu lancar. Hal ini disebabkan kurangnya lengkapnya naskah soal pada pelajaran pertama, yakni Al Qur’an Hadist. Jumlah soal yang sedianya berjumlah 50, namun ketika amplop naskah soal  dibuka ternyata hanya berisi 44 nomor soal.

Setelah ditelusuri lebih jauh, ternyata kekurangan jumlah soal ini tidak hanya terjadi pada MI Islamiyah Alwathaniyah. “Tadi kami juga menemukan masalah seperti ini ketika kami memantau di beberapa MI di kecamatan Mojowarno”, terang Umi Salamah, S.Ag. M.Pd. selaku pengawas (PPAI) dari kecamatan Sumobito.

Mereka sekolah yang kekurangan naskah soal ini, akhirnya harus direpotkan dengan menggandakan kekurangan soal tersebut. “Memang hanya 1 lembar, tapi kan cukup merepotkan dan mengganggu konsentrasi peserta ujian” demikian ungkap Fendik Rudianto yang sedang bertugas mengawasi jalannya ujian di MI Islamiyah Alwathaniyah.

Diharapkan, kedepan masalah sekecil apapun dapat diminalisir. Melalui evaluasi pada percetakan yang menggandakan dan panitia pusat yang memasukkan naskah soal. Bentuk soal ujian sebisa mungkin harus reliable dan tidak mempersulit siswa. Bukan hanya pemilihan kalimat / soal, tapi fisik soal juga harus reliable. Tidak ada tambahan lembaran lagi seperti pada kasus hari ini.

Iklan

2 thoughts on “Hari Pertama UAMBN, Naskah Soal Kurang

  1. Umi Salamah April 3, 2013 pukul 4:43 pm Reply

    Kami senang dan bangga MI sudah mempunyai blok, dengan media ini informasi akan cepat tersebar dan bisa saling tukar info …. sukses selalu!!!!

    • alwathaniyah April 4, 2013 pukul 10:19 am Reply

      terima kasih bu.. smoga MI yang lain mengikuti dan memiliki blog sendiri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: