Inpassing Jabatan Fungsional Guru Non PNS Kementerian Agama

Dalam rangka meningkatkan pembinaan, perlindungan, dan tertib administrasi guru serta memberikan tunjangan profesi yang proporsional bagi Guru Bukan PNS di Lingkungan Kementerian Agama, telah diadakan sosialisasi Inpassing Jabatan Fungsional Guru Bukan PNS Kementerian Agama yang berlangsung pada hari Kamis, 7 April 2011.
Kepala Bidang Mapenda Kanwil Kemeterian Agama Provinsi Jawa Timur, Drs. Musta’in, M.Ag memberikan penjelasan tentang Inspassing Guru Bukan PNS (GBPNS) bahwa Inpassing GBPNS berlandaskan hukum pada:
  1. Undang-Undang No. 14/2005 ttg Guru dan Dosen;
  2. Peraturan Pemerintah No. 19/2005 ttg Standar Nasional Pendidikan;
  3. Peraturan Pemerintah No. 74/2008 ttg Guru;
  4. Permendiknas No. 22/2010 ttg Perubahan atas Permendiknas No. 47/2007 ttg Penetapan Inpassing GBPNS;
  5. Pedoman Pelaksanaan Jabatan Fungsional GBPNS yg Diterbitkan Bersama Ditjen PMPTK Kemdiknas dan Setjen Kemenag;
  6. Surat Edaran Sekjen Kemenag RI No. SJ/B.II/Kp.04.c/757/2011 ttg Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penetapan Inpassing  GBPNS;
Drs. Musta’in, M.Ag menjelaskan bahwa Inpassing GBPNS adalah proses penyetaraan jabatan dan kepangkatan GBPNS dengan jabatan dan kepangkatan Guru Pegawai Negeri Sipil dan Inpassing (Penetapan jabatan fungsional GBPNS dan angka kreditnya) dibutuhkan untuk:

a. menetapkan kesetaraan jabatan, pangkat/ golongan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

b. tertib administrasi GBPNS;

c. memberikan tunjangan profesi, tunjangan khusus dll. (kesejahteraan).

GBPNS di Lingkungan Kementerian Agama yang berhak mengikuti Inpassing adalah mereka yang memiliki syarat-syarat:

  1. Memiliki kualifikasi akademik minimal S-1 atau D-IV (syarat kualifikasi tdk berlaku bagi yang sudah lulus sertifikasi);
  2. Guru tetap pada satuan pendidikan formal;
  3. Masa kerja sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun secara terus menerus pada 1 (satu) satuan pendidikan pada tanggal 30 Desember 2007, dan masih aktif melaksanakan tugas sebagai guru sampai saat ini;
  4. Usia setinggi-tingginya 59 tahun pada saat diusulkan.
  5. Memiliki NUPTK yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional.
  6. Memiliki beban kerja minimal 24 jam tatap muka per minggu dengan ketentuan: minimal 6 jam tatap muka pada satminkal.
  7. Melampirkan syarat-syarat administratif

Dalam penjelasannya Kepala Bidang Mapenda Kanwil Kementerian Agama menekankan bahwa Inpassing Jabatan Fungsional GBPNS dan Angka Kreditnya ditetapkan berdasarkan dua hal, yaitu:

  • kualifikasi akademik; dan
  • masa kerja,
dan Jenjang jabatan fungsional hasil inpassing adalah:
– Guru Madya;
– Guru Madya Tk. I;
– Guru Dewasa;
– Guru Dewasa Tk. I
– Guru Pembina.

TEKNIK PENGHITUNGAN ANGKA KREDIT INPASSING dilakukan dengan :

  1. GBPNS yang sudah lulus sertifikasi pengajuan inpassing-nya WAJIB sesuai dengan sertifikat pendidikan yang dimiliki;
  2. Angka kredit hasil inpassing dikurangi 25 poin bila GBPNS mis match, yaitu ijazah yang dimiliki tdk sesuai dengan tugas mengajarnya;
  3. GBPNS yang berijazah SLTA, masa kerjanya dikurangi 5 tahun bila ybs memeproleh ijazah S-1 setelah mengajar selama 5 tahun atau lebih;
  4. GBPNS yang berijazah SLTA, masa kerjanya diperhitungkan sejak yang bersangkutan mendapatkan S-1, bila S-1nya diperoleh  kurang dari lima tahun dari TMT-nya;
  5. GBPNS yang berijazah D-III, masa kerjanya dikurangi 2 tahun bila ybs memperoleh ijazah S-1 setelah mengajar 2 tahun atau lebih.

Pada akhirnya Drs. Musta’in, M.Ag menekankan lagi bahwa:

  • Inpassing GBPNS tidak ada kaitannya dengan pengangkatan PNS/CPNS dan tidak ada tunjangan Inpassing;
  • Guru RA/Madrasah yang sudah mendapatkan SK Penetapan Inpassing dari Kementerian Pendidikan Nasional, SK Penetapannya berlaku dan tidak perlu mengajukan inpassing ulang;
  • Sementara yang sudah pernah mengajukan, tetapi belum keluar SK Penetapannya, maka harus mengajukan kembali ke Kementerian Agama dengan syarat sebagaimana telah diatur.
Berikut pedoman Inpassing GBPNS Kementerian Agama 2011:

Sumber : Mapenda Jatim

PENTING

Mohoan Maaf. Situs ini bukan situs Resmi Inpassing. Untuk Pertanyaan, silahkan ajukan ke Mapenda Daerah masing-masing. Terima Kasih

Iklan

70 thoughts on “Inpassing Jabatan Fungsional Guru Non PNS Kementerian Agama

  1. itzam

    piye sih maksudx? katax untuk kesejahteraan GBPNS tapi kok cuma dapet sertifikat doank,bukanx dapat tunjangan juga? n kenapa jg lo’ g’ dpt tunjangan tdk diutamakan yg sdh sertifikasi????????????????????????????////

    Balas
    1. ummi dava/i

      sk inpassing itu untuk penyetaraan gaji sj, jd kl blm sertfksi ya tdk dpt tunjangan medkipun sdh memiliki sk inpassing.kl nd slh kurg lebhnya sprt itu

      Balas
    1. alwathaniyah Penulis Tulisan

      Wah.. mohon maaf pak, kami tidak data yang dimaksud. PNS kemenag pusat / daerah.. mungkin bapak bisa tanyakan langsung di tempat daerah bapak tugas, terima kasih. 🙂

      Balas
  2. ali mutaqin

    asalamualaikum, ngapunten geh……. saya mau tanya . bagaimana cara mengetahui informasi kelulusan inpassing untuk guru non pns kemenag…

    (Pak Ali, Mts sunan Ampel Sumbersewu. Muncar-Banyuwangi0

    Balas
  3. Muhamad Suryadi.S.Pd.I

    ass pak. ohya kapan ya data kelulusan infansing untuk propinsi jambi, tepatnya kabupaten muaro jambi keluar. dan bagaimana cara mengeceknya pak?

    Balas
    1. alwathaniyah Penulis Tulisan

      Wa’alaikumsalam.. maaf bapak, kami sangat minim sekali informasi mengenai inpassing ini.. Kalau ingin info lebih, silahkan bapak hubungi kantor dinas bapak.. semoga sukses selalu buat bapak… 🙂

      Balas
  4. fathussurur

    Assalamu alaikum,war,wab.
    salam sejahtera, saya penasaran,ingin melihat SK impasing untuk MI,MTs dan MA wilayah bondowoso. mengapa di wilayah lain kok sudah terbit SK impasingnya? apa bondowoso sudah tdk dapat jatah? mohon info yg lengkap. atas jawabannya kami sampaikan terima kasih. wassalamu alaikum,wr,wab.

    Balas
    1. alwathaniyah Penulis Tulisan

      Waalaikumsalam…
      memang Inpassing hingga saat ini bikin penasaran pak.. di tempat kami juga sama.. kami belum mendapatkan informasi tentang inpassing tersebut… mohon maaf dan semoga sukses…
      wassalamualaikum…

      Balas
  5. MUNAWIR

    Asslmu’alaikum
    Mo nanya tentang NRG yang masih belum keluar, kebetulan saya masuk NRG kategori5 (masalah dengan NUPTK) tapi saya telah mengirim ulang NUPTK yang benar melalui Mapenda setempat (Kab.Pamekasan), tapi hingga saat ini (05Desember 2011) NRG saya belum juga keluar, mohon solusinya. Terim,akasih, semoga tetap jaya

    Balas
  6. Aji Furqon

    assalamu’alaikum.
    ana punya saran pak, dengan banyaknya pertanyaan tentang inpassing, calon sertifikasi, NRG dan semacamnya kami sanagt berharap agar pihak terkait seperti kemenag untuk dapat menghadirkan info dimaksud agar dapat dikses dengan mudah oleh sekolah/guru baik ditingkat pusat, wilayah dan kabupaten. Seperti data yang disediakan dapodik/diknas cukup mudah diakses dan lengkap yang berkaitan dengan hal tersebut di Kemendikbub. tidak salah donk bila kita ambil contoh yang baik, fastabiqul khairat. hatur nuhun, wassalam.

    Balas
  7. gunawan

    Apakah guru non pns di madrasah swasta yg telah lulus inpassing, akan dihapus/hangus tunjangan sertifikasinya pak ? mohon konfirmasinya.

    Balas
  8. dede soni S.Pd.I

    rasanya udah lelah kado dirasa-rasakn penungguan inpasing guru non pns…..tapi gimana lagi seorang guru dituntut berbesar hati,agar semua siswanya mempunyai kepribadian berbesar hati dalam menghadapi sebuah tantangan….

    Balas
  9. nurhadi

    Ass…. bagaimana kabar ya kejelasan tetang impasing?
    bagi yang belum daftar ketika mau daftar harus lewat mana dan kepada siapa yang di hubungi, dan apakah sudah tertutup tuk impasing, terima kasih

    Balas
  10. Hasan Wahyudi

    Nrg sy katax sudah terbit, bahkan tunjangan sy sdh cair bulan desember 2011, tapi ketika saya cari dari internet ko’ ga da ya?..di website ini juga g’ ada..tolong dimana kami sy mndapatkan informasi?…

    Balas
  11. zulkaidah_Marpaung

    saya adalah guru kontrak dari tahun 2005 di kementerian agama kabupaten deli serdang namun sampai sekarang saya gak diangkat jadi pns padahal saya uda 2 x melengkapi berkas CPNS apa tidak ada keadilan untuk saya seperti kawan kawan saya yang lain by zulkaidah marpaung

    Balas
  12. atik

    assalamu’alaikum, kepada pihak yang berwenang mohon informasi tentang kelanjutan pendataan inpassing GBPNS.terimakasih atas informasiny. .

    Balas
  13. JAENI RUSTANDI

    saya sudah mengirimkan data inpasing cuman sampai saat ini belum ada impormasi terkait dg sk inpasing. kapan sk inpasing gbpns kemenag kab sukabumi ? mohon impormasi nya.!

    Balas
  14. Ahmad Syafruddin, S.Pd.I

    Assalamu’akum wr wb
    Alhamdulillah Saya sudah menerima SK Inpassing GBPNS
    yang saya tanyakan apakah Bantuan tunjangan sertifikasi dasar yang 1,5 Jt itu langsung serta merta bisa disesuaikan dengan pangkat dan golongan pada SK tersebut..mohon Share pengalaman sahabat Fillah…
    Terima kasih
    Ahmad Syafruddin, S.Pd.I
    Kemenag Kab.Barito selatan.

    Balas
  15. Akhmad Syafruddin, S.Pd.I

    Assalamualaikum wr wb
    Alhamdulillah SK Inpassing GBPNS yang kita tunggu tunggu sdh terbit
    dan untuk saya pribadi sudah terima
    terima kasih untuk doa dan support teman teman senasib semuanya…

    Balas
  16. shodiq

    sebnarx kemenag itu amanah pa nggak ya, inpassing gbpns kok nggak ada juntrunganxa, lho guru kok diajari tipu menipu seprti ini terus gimana …..?

    Balas
    1. alwathaniyah Penulis Tulisan

      SK Inpassing Kab. Jombang sudah ada beberapa yang keluar. Tp beberapa waktu yang lalu, kita dimintai copy SKnya.. katanya sih didata lagi. Sabar saja pak.. kita juga nunggu realisasinya.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s