Peringati Hari Kartini, Siswa MII Alwathaniyah Lomba Masak

Memperingati hari besar nasional seperti Hari Kartini memang banyak sekali caranya, seperti apa yang telah dilakukan siswa-siswi MI Islamiyah Alwathaniyah hari ini (21/4). Dalam rangka memperingati Hari Kartini tersebut, mereka menggelar berbagai lomba. Lomba yang digelar antara lain, lomba mewarnai, menyanyi lagu Ibu Kita Kartini, dan memasak nasi goreng.

Peringatan hari kartini di MI Islamiyah Alwathaniyah diawali dengan upacara singkat dan menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini bersama-sama. Setelah itu, seluruh peserta diperkenankan untuk menuju tempat lomba masing-masing.  Semua terlihat sangat sederhana, namun peserta yang terdiri dari siswa kelas 1 – 5 ini tampak antusias mengikuti lomba.

Peringatan hari kartini ini di MI Islamiyah Alwathaniyah memang digelar untuk pertama kalinya dan langsung 3 lomba sekaligus. Hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap perjuangan Raden Adjeng Kartini. Lomba memasak, menyanyi, dan mewarnai dipilih karena dinilai sangat edukatif dan siapa saja bisa melakukan. Namun kriteria peserta untuk tiap lomba dibedakan. Siswa kelas 1 – 3 mengikuti lomba mewarnai gambar kartini. Siswi kelas 4 dan 5 lomba memasak, sedangkan siswa putra kelas 4 dan 5 lomba menyanyi Ibu Kita Kartini.

Semua lomba alhamdulillah berjalan dengan lancar dan seru. Khusus untuk lomba memasak nasi goreng, para guru tampak kagum dan tidak menyangka bahwa anak-anak dapat membuat nasi goreng dengan tampilan dan rasa ala resto. Ketika salah satu kelompok peserta ditanya, mereka sebelumnya memang telah melakukan latihan dirumah teman mereka secara berkelompok.

Fatim, salah satu peserta dari kelompok 2 mengatakan “Pak, latihan kemarin masakannya asin banget, tapi mudah-mudahan hari ini enak, hehehe” demikian katanya saat diwawancari. Lain halnya dengan Tata dari kelompok 4, dia mengatakan pada saat latihan dirumahnya dia diajari ayahnya bagaimana memasak nasi goreng yang enak.  “Dirumah kami diajari ayah masak nasi goreng, ayah saya jago masak lo pak. hehehe” cetus tata disambut tawa teman-temannya.

Yah, memang lomba seperti ini baru pertama kali digelar. Namun melihat dari antusiasme peserta, lomba seperti ini layak untuk dilestarikan dan dikembangkan. Sekitar pukul 10.oo WIB, seluruh peserta telah selesai. Saatnya pemenang dari tiap lomba diumumkan. Nah, berikut adalah nama-nama peserta terbaik yang telah memenangkan lomba :

1 Lomba Mewarnai     :

Kelas

Nama Peserta

Jumlah nilai

Juara

1

NISWATUL IZZA

340

1

HAIDAR NASWAN D.

335

2

2

AFIA MURSYIDAH

365

1

UUT ANITA SARI

350

2

3

AMIRUDIN SURYO F.

320

1

HAMZAH

315

2

2. Lomba Menyanyi    :

Kelas

Nama Peserta

Jumlah nilai

Juara

4

MAJID & AAR

390

1

5

ANGGA & AZI

385

2

3. Lomba Memasak     :

Kelas

Nama Kelompok

Jumlah nilai

Juara

5

01 “Nasgor RAMALA”

346

1

5

04 “Nasgor Special”

345

2

4

05 “Nasgor SASOTE”

343

3

 Selamat kepada para pemenang! Lanjutkan perjuangan Kartini dengan terus belajar dan berkarya!

Berikut hasil jepretan!

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


16 thoughts on “Peringati Hari Kartini, Siswa MII Alwathaniyah Lomba Masak

  1. hudaesce April 22, 2011 pukul 4:17 am Reply

    mau dong jadi juri masaknya, lumayan kan bisa icp2 dan makan2 gratis…,hhe

    • alwathaniyah April 22, 2011 pukul 11:24 am Reply

      Asli mas huda.. enak banget masakan anak-anak ini.. setelah lomba selesai.. semua nasgor habis tanpa sisa..🙂

  2. Mabruri Sirampog April 22, 2011 pukul 1:06 pm Reply

    rame yaaahhh…..
    slamat hari kartini buat perempuan indonesia…🙂

    • alwathaniyah April 22, 2011 pukul 1:41 pm Reply

      Yup.. sederhana tapi meriah..🙂.. selamat hari kartini juga..

  3. budies April 22, 2011 pukul 1:47 pm Reply

    wah mantab pak kegiatannya, pasti seru ni
    langsung lapar lihat nasgornya
    terima ksih telah bergabung di DIREKTORI BLOG GURU

    • alwathaniyah April 23, 2011 pukul 11:03 am Reply

      seru abis pak… nasgornya enak lagi.. hehehe…

  4. Sugeng April 22, 2011 pukul 3:00 pm Reply

    Wah sukses dengan lomba2 nya. Salut dengan anak didiknya yag sudah bisa memasak dan menghidangkan dengan variasi hiasan yang menawan.😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    • alwathaniyah April 23, 2011 pukul 11:04 am Reply

      Alhamdulillah berjalan lancar dan meriah pak.. meski persiapan seadanya.. anak-anak malah all out dalam mengikuti lomba.. Salam hangat selalu..

  5. choirul April 23, 2011 pukul 4:18 am Reply

    aku juga pengen ah jadi juri masaknya…. he he he

    • alwathaniyah April 23, 2011 pukul 11:08 am Reply

      mangga pak kalau ada lomba lagi.. hehehehe.. terima kasih udah berkunjung..

  6. TuSuda April 23, 2011 pukul 3:14 pm Reply

    Kalau pas lomba memasak paling enak jadi dewan jurinya, karena bisa mencicipi semua jenis menu yang tersaji.
    Selamat buat semua pemenang.
    SALAM hangat dari Kendari… 8)

    • alwathaniyah April 24, 2011 pukul 8:24 am Reply

      bener tuh bli.. kebetulan yang jadi juri saya.. semua nasgor rasanya enak lho..🙂 salam

  7. anna April 24, 2011 pukul 1:03 am Reply

    wah seruuu…
    mau dong hasil masakannya..🙂

    • alwathaniyah April 24, 2011 pukul 8:25 am Reply

      mau?? lihat hasil fotonya aja ya.. hehehehe…

  8. Salesman Jogjakarta April 24, 2011 pukul 5:25 am Reply

    Inget Jaman Waktu SD Dulu…Masak Mi Tumpah…He he

    • alwathaniyah April 24, 2011 pukul 8:26 am Reply

      wah… kok tumpah pak.. gk jadi makan-makan donk.. hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: