Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2011

Letak geografis Indonesia yang berada di antara dua benua dan dibatasi dengan dua samudra menjadikan Indonesia merupakan suatu negara yang kaya, tidak saja dari segi kekayaan hayati tetapi juga kaya akan khasanah budaya. Keanekaragaman suku bangsa yang mendiami bumi nusantara dengan sifat geografis yang berbeda memunculkan keanekaragaman pula pada seni budaya, bahasa, adat  istiadat, tata cara, kebiasaan, dan status sosial masyarakat.

Keanekaragaman ini sebenarnya merupakan suatu aset bagi Indonesia, karena ia merupakan suatu keindahan dan sekaligus juga menjadi suatu kekuatan. Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban kita untuk dapat menjaga dan melestarikannya dari pengaruh buruk yang datang dari masuknya budaya asing ke dalam masyarakat.

Di era globalisasi sekarang ini pengetahuan tentang keanekaragaman latar belakang dan budaya bangsa perlu untuk diketahui, dipelajari dan dipahami khususnya oleh generasi muda, baik melalui jalur pendidikan formal maupun non-formal. Upaya ini perlu dilakukan dalam rangka membentuk karakter bangsa yang berkeadaban. Mampu bersikap damai di tengah perbedaan, menebarkan benih cinta kasih kepada sesama, serta mengedepankan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tampaknya hal ini sudah disadari oleh para pendiri negara ini. Bahwa untuk membangun bangsa yang kuat diperIukan keteguhan dalam menjaga nilai-nilai budaya yang dapat mempersatukan masyarakat  Indonesia yang majemuk. Dengan diikrarkannya Sumpah Pemuda di tahun 1928, hal ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia mempunyai komitmen tinggi untuk menjaga nilai-nilai budaya bangsanya sebagai bagian dari kehidupannya.

Dalam rangka memperingati HARKITNAS ke 103 Tahun 2011, sudah menjadi kewajiban kita untuk tetap  selalu menjaga nilai-nilai luhur budaya bangsa dengan menjadikannya pedoman kita dalam kehidupan  berbangsa dan bernegara.

Selamat Hari Kebangkitan Nasional, Semoga tema “DENGAN SEMANGAT HARKITNAS KE-103 TAHUN 2011, KITA WUJUDKAN KEBANGSAAN YANG BERKARAKTER, BERSATU DAN BERDAYA SALING MENUJU MASYARAKAT YANG SEJAHTERA” Benar-benar dapat terwujud.

Download

Iklan

2 thoughts on “Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2011

  1. Sawali Tuhusetya Mei 22, 2011 pukul 5:55 pm Reply

    ketika bangsa kita sedang berupaya melakukan refleksi thdp 103 tahun kebangkitan nasional, nurani kita disentakkan oleh kericuhan kongres PSSI. sungguh, makin terbukti kalau bangsa kita makin kesulitan utk mengingat semangat dan etos kebangsaan para pendahulunya, pak.

    • alwathaniyah Mei 25, 2011 pukul 2:01 pm Reply

      ya mungkin inilah episode lupa sejarah bangsa pak.. kado yang sangat menyakitkan untuk ulang tahun kebangkitan nasional. 😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: