TPP Guru Madrasah Cair Sebelum Puasa?

Kabar gembira buat guru madrasah yang telah tersertifikasi. Pasalnya Tunjangan Profesi Pendidik (TPP) yang ditunggu-tunggu akan segera cair. Benarkah? Ya.. semoga saja ini benar adanya dan dapat terealisasi sebelum Puasa. Amin…

Nah, berikut berita selengkapnya :

Courtesy : kemenag.go.id

Jakarta (Pinmas)–Kementerian Agama memastikan tunjangan profesi pendidik (TPP) guru madrasah akan cair sebelum lebaran. Hal ini menyusul akan dikeluarkannya nomor registrasi guru (NRG) oleh sebagai salah satu persyaratan menerima tunjangan oleh Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Mohammad Ali mengatakan, nomor registrasi dipastikan akan keluar dalam waktu 1-2 hari mendatang. Saat ini, prosesnya sedang dilakukan oleh Kemendiknas. Menurut dia, mereka yang mendapat tunjangan ini adalah guru yang telah mendapatkan sertifikasi pada 2010 lalu. “Mereka yang dapat akan dirapel, kami usahakan sebelum Ramadan,” ujarnya.

Menurut dia, saat ini uang tunjangan TPP sudah ada di masing-masing kantor wilayah (Kanwil) tinggal dicairkan saja, jika seluruh persyaratannya dipenuhi. “Nanti saya akan panggil Kasubditnya apakah sudah selesai atau belum, jika sudah segera dicairkan,” bebernya.

Pemberian tunjangan tersebut, kata dia, sangat bervariatif. Untuk guru yang sudah menjadi PNS tunjangan yang diberikan sesuai dengan golongannya sebesar gaji yang diterima setiap bulannya. Sedangkan, bagi yang non PNS tunjangan yang diberikan sebesar Rp1,5 juta.

Bagi guru-guru terpencil yang sudah diangkat menjadi pegawai negeri sipil akan menerima tiga kali lipat yakni, gaji bulanan, TPP sebesar gaji bulanan dan tunjangan khusus guru di daerah terpencil. Sedangkan, bagi guru di daerah terpencil yang belum diangkat jadi PNS hanya menerima gaji bulanan dan tunjangan khusus dan TPP meski tidak sebesar gaji bulanan.

Senada, Direktur Pendidikan Madrasah, Kementerian Agama Ace Syaifuddin mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kemendiknas mengenai tunjangan profesi guru, karena selain sertifikasi, tunjangan profesi itu harus ada NRG. “Sertifikasi sudah dapat, tapi nomor registrasi itu tidak ada. Rencananya, pekan ini sudah muncul nomor registrasi guru,” katanya.

Ace berharap, mudah-mudahan sebelum puasa NRG sudah keluar dan langsung ada pengucuran karena yang berwenang mengeluarkan nomor registrasi adalah Kemendiknas. Selama ini ganjalan TPP bagi guru madrasah yang tidak kunjung turun karena para guru belum mengantongi NRG.

Ace menjelaskan, besaran TPP bagi para guru rata-rata Rp1,5 juta bagi guru non PNS. Sementara untuk guru yang sudah berstatus PNS, TPP yang diterima satu kali gaji pokok. Sedangkan guru-guru yang mengajar di daerah-daerah yang memberlakukan otonomi khusus atau di kawasan perbatasan, mendapatkan tambahan TPP sebesar Rp1,5 juta. Setelah NRG terbit pada pekan ini, kata Ace, kemungkinan para guru akan menerima rapelan sejak Januari 2011. Sehingga, bisa menutup kebutuhan pengeluaran guru selama lebaran.

Ace menambahkan, pihaknya menargetkan penyelesaian sertifikasi sampai 2014 mendatang. Untuk anggaran tahun ini, pihaknya menargetkan sertifikasi terhadap 38.000 dari total 200.000 guru. Ace mengakui, selama proses sertifikasi banyak kendala yang dia hadapi. Di antaranya, masih banyak guru yang belum memegang ijazah sarjana atau S1. Untuk persoalan ini, Kemenag mengoptimalkan peran kantor wilayah (kanwil) di tingkat provinsi untuk mendorong guru-guru tersebut memperoleh ijazah sarjana dengan fasilitas beasiswa.

Untuk sertifikasi tahun ini, Ace menegaskan sudah tidak diberlakukan lagi pola sertifikasi portofilio. Seperti diketahui, pada tahun-tahun sebelumnya para guru harus mengumpulkan tumpukan aneka sertifikat dan dokumen-dokumen pembelajaran untuk lolos seleksi portofolio. Sebagai gantinya, Ace menuturkan pola sertifikasi pendidik difokuskan pada Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Selaian ketentuan sudah berijazah S1, guru yang berhak ikut PLPG harus mengajar minimal 24 jam pelajaran dalam sepekan. (sindo/sucipto)

14 thoughts on “TPP Guru Madrasah Cair Sebelum Puasa?

  1. mislaihsan Juli 29, 2011 pukul 4:18 am Reply

    Kalau untuk Tunjangan fungsional pa udh turun pa blm yg stiap bulannya 250.000 selama 6 bulan…

    • alwathaniyah Juli 29, 2011 pukul 8:39 am Reply

      Untuk fungsional kami belum menerima informasi. Tapi menurut kabar, katanya sih tidak ada. tp semoga saja kabar itu tidak benar.. Kasihan guru yang mengajar di sekolah/madrasah yang masih berstatus swasta dan belum tersertifikasi.. tentu fungsional ini sangat diharapkan bagi mereka. dan kita pun disini juga sangat berharap demikian.

  2. marsudiyanto Juli 29, 2011 pukul 12:02 pm Reply

    Kalo nggak salah untuk 3 bulan ya…
    Selamat, bisa buat lebaran…

    • alwathaniyah Juli 30, 2011 pukul 12:21 pm Reply

      Tahun kemarin sih 6 bulan pak. Tapi ndak tau kalau tahun ini. Ya mudah-mudahan cair.. berapa bulannya kita ngikut aturan saja lah pak.🙂

  3. Ahmad Ichsan Juli 30, 2011 pukul 1:26 pm Reply

    yg sdh cair 3 bln, bkny d diknas!? yg kemenag kyke blm, pdhl puasa tiggl 1-2 hri lg! tp dngar2 dr Japos Senin krmin, msih 2mggu-an lg gtu.. ktya…

    • alwathaniyah Juli 30, 2011 pukul 1:29 pm Reply

      Kalau di Jombang, TPP guru diknas cairnya 6 bulan. Mungkin beda dengan kota lain. Judulnya diganti jadi TPP cair sebelum lebaran gimana? hehehehe…

  4. angelicha putri Juli 31, 2011 pukul 11:02 am Reply

    Semoga berita bahwa TPP guru Madrasah di tahun anggaran 2011 ini bukan berita bohong yang diucapkan dari mulut para petinggi kemenag RI. Kalo tidak cair sebelum Hari Raya Idul Fitri 2011 itu artinya mereka hanya membuat senang sementara hati para GTT swasta di Indonesia. Dananya paling-paling didepositokan. Lumayan bunganya kan buat bayar cicilan, buat spp anaknya, buat belanja istrinya dan selingkuhannya atau buat beli narkoba. Dosa tahu……….!!!!

  5. baedowi Agustus 5, 2011 pukul 2:44 pm Reply

    ini dah puasa dapat 6 hari. mana itu janji kemendiknas yang akan ngeuarin NRG Mdrasah, kok tetep nihil ya!!!!

  6. baedowi Agustus 5, 2011 pukul 2:45 pm Reply

    NRG aja gak bisa keluar apalagi TPPnya

  7. Ahmad Ichsan Agustus 8, 2011 pukul 12:57 am Reply

    Iya.., ya..! NRG sj blm ad titik terangnya!? Kty NRGy dr kemendiknas, tp kmrin sy cek di http://www.kemdiknas.go.id jg blm ad. Ad jg cek NRG via sms, tp data jg msih kosong/blm tersedia. Tx

  8. yudho santoso Agustus 10, 2011 pukul 3:24 pm Reply

    yudho santoso… hari kamis tgl 4 Agustus 2011, sy tlah berkunjung ke mapenda jombang untuk menanyakan NRG sy apa sdah trun pa belum…. perlu dktahui sy lulus sertifikasi thn 2009 tap sampai skarang blum pernah menerima tunjangan sertifikasi… pada bln dsember 2010 di saat banyak tman yang sdh nrima tunjangan sy tdk menerima, krn NRG dari dirjen Pendis tdk keluar… kemudian langs sy mengajukan permohonan ulang NRG lwat Mapenda Jmbang… tp sampai saat ini, kejelasan kpan NRG sy trun jg belum ada… malah kmarin jawapan dari mapenda jmbang, ” kami juga bingung pak, krn nrg jombang blum trun”… langs sy minta maaf, krn mau tdk mau, kt hanya bsa pasrah apapun yg tejadi… InsyaAllah mslah sperti sy jg banyak dialami oleh teman2 guru yang lain…. perlu diketahui jg, sy sudah dimoitoring dan dinilai sebanyak 2 kali oleh pegawas depag jombag, dan alkhamdulillah hasilnya tdk mengecewakan, malah pegawasya bilang ” pak jenengan sudah pantas menerima tunjangan, tp harus sabar dl, InsyaAllah nanti di rapel”…. kalau mlihat berita dari pusat bahwa nrg dan tunjangan akan cair sbelum puasa/idhul fitri, semoga sja semua guru madrasah di kab.jombang, yg memang telah lengkap syaratnya, bisa menerima tunjangan semua… aamiin yaa robbal alamiin

  9. Ahmad Ichsan Agustus 11, 2011 pukul 6:27 am Reply

    wah.., b’arti TPP-nya kabar kabur dong..!! klu TF masa jg bgtu…!? he…3x

  10. yudho santoso Agustus 23, 2011 pukul 7:00 pm Reply

    Alkhamdulillah.. NRG saya sudah turun diumumkan Kemenag Kab. Jombang hari senin tgl 21 Agustus 2011…. terima kasih atas semua nya… semoga Guru Madrasah lebih barokah manfaat… aamiin…

    • alwathaniyah September 9, 2011 pukul 6:53 am Reply

      Selamat pak.. NRG kami sampai hari ini belum juga turun.. Alhamdulillah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: