Mari Budayakan Konsep 5R di Tempat Kerja

5R Orang Tua Grup5R adalah suatu metode penataan dan pemeliharaan wilayah kerja secara intensif yang berasal dari Jepang yang digunakan oleh manajemen dalam usaha memelihara ketertiban, efisiensi, dan disiplin di lokasi kerja sekaligus meningkatan kinerja perusahaan secara menyeluruh.. Di Jepang metode ini dikenal dengan istilah 5S,
Isi dari 5R antara lain :
  1.  (seiri), Ringkas, merupakan kegiatan menyingkirkan barang-barang yang tidak diperlukan sehingga segala barang yang ada di lokasi kerja hanya barang yang benar-benar dibutuhkan dalam aktivitas kerja. Contoh sederhana adalah ruangan kantor kita, pastikan dokumen-dokumen berguna yang berada di atas meja atau pun rak terpisah dengan kertas-kertas tak terpakai dengan membuang kertas tak terpakai tersebut.
  2.  (seiton), Rapi, segala sesuatu harus diletakkan sesuai posisi yang ditetapkan sehingga siap digunakan pada saat diperlukan. Contoh sederhana adalah dokumen-dokumen berguna tadi kita tata atau susun secara teratur, misalnya dengan member label ABJAD atau menyusunnya secara urut sesuai tingkat kepentingan.
  3. (seiso), Resik, merupakan kegiatan mempersihkan peralatan dan daerah kerja sehingga segala peralatan kerja tetap terjaga dalam kondisi yang baik. Contohnya adalah kita senantiasa membersihan dan menjaga kebersihan ruangan kantor kita.
  4. (seiketsu), Rawat, merupakan kegiatan menjaga kebersihan pribadi sekaligus mematuhi ketiga tahap sebelumnya. Contohnya apa yang sudah kita lakukan dalam poin 1,2,3 terhadap ruangan kantor kita tersebut kita laksanakan secara terus menerus.
  5.  (shitsuke), Rajin, yaitu pemeliharaan kedisiplinan pribadi masing-masing pekerja dalam menjalankan seluruh tahap 5S. Contohnya apa yang sudah kita lakukan dalam poin 1,2,3,4 terhadap ruangan kantor kita tersebut kita laksanakan secara terus menerus.
Penerapan 5S harus dilaksanakan secara bertahap sesuai urutannya. Jika tahap pertama (seiri) tidak dilakukan dengan baik, maka tahap berikutnya pun tidak akan dapat dijalankan secara maksimal, dan seterusnya.

Dengan melaksanakan konsep 5R ini mulai dari diri sendiri, dari yang terkecil, dan mulai saat ini, diharapkan setiap pekerja menjadi pribadi yang disiplin yang dapat ditularkan kepada pekerja yang lain, keluarganya dan masyarakat sekitar sehingga akan dapat menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan bersih untuk kehidupan bersama.

Source

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: