Matsama 2019/2020: New Friends, New Teachers, New Spirits

Assalamualaikum…

Selamat datang anak-anak,

Selamat datang siswa-siswi baru MI Islamiyah Alwathaniyah,

Selamat datang adik kelas,

Selamat datang kakak kelas,

Selamat datang Bapak Ibu guru,

 

Itulah yang tertangkap pertama kali saat anak-anak kembali ke aktivitas semula. Masuk sekolah pada ajaran baru tahun ini dimulai pada tanggal 15 juli 2019. Anak-anak memasuki lingkungan sekolah dengan perasaan suka cita, nampak terdengar dari celoteh mereka yang sudah tidak sabar untuk kembali ke rutinitas, bersua dengan teman-temannya, bercengkerama dengan para guru serta rindu masuk kelas untuk menimba ilmu.

Awal tahun ajaran baru identik dengan hal-hal baru, mulai dari sepatu baru, tas baru, buku baru serta teman-teman baru. Tahun ajaran baru juga tidak pernah lepas dari kegiatan yang diperuntukkan sebagai awal memulai lagi segala rutinitas bagi anak-anak maupun para guru.

Matsama, ya… Matsama adalah kegiatan di lingkungan madrasah yang dilakukan sebagai “Mukadimah” untuk kegiatan yang akan berlangsung selama satu tahun mendatang. Dalam Matsama terdapat berbagai kegiatan yang melibatkan siswa-siswi baru yang mulai masuk di kelas 1 maupun pada siswa-siswi lainnya di kelas atas. Matsama yang merupakan kependekkan dari Masa Taaruf Siswa Madrasah yang memiliki tujuan untuk mengenalkan lingkungan madrasah kepada siswa baru dan juga untuk mendorong siswa untuk bersikap proaktif, memotivasi siswa untuk agar memiliki rasa bangga terhadap almamaternya serta untuk menumbuhkan perilaku positif pada siswa terkait; kemandirian, kejujuran serta toleransi.

Ada yang masih ingat dengan kegiatan matsama pada awal tahun ajaran baru?

Berikut kami tampilkan berbagai dokumentasi selama kegiatan Matsama bulan Juli kemarin.

Foto-foto pada kegiatan diatas adalah pada hari pertama Matsama atau yang bertepatan juga pada hari pertama masuk sekolah. Di gerbang Bapak Ibu guru dengan gaya sumringah dan ceria menyambut anak-anak yang mulai berdatangan pada pagi itu, meskipun terlihat di foto hanya terlihat bapak-bapak saja yaa.. hehe karena para ibu guru juga sebenarnya bersiap menyambuat anak-anak di kelas masing-masing.

Dilanjutkan dengan upacara pembukaan Matsama yang dipimpin langsung oleh Bapak kepala madrasah yaitu Bapak Abd. Fattah. Tampak siswa –siswi mengikuti upacara dengan khidmat. Disusul acara berikutnya yaitu pengenalan pada Bapak Ibu guru  kepada murid-murid, pengenalan wali kelas 1A-6B dilanjut dengan penyerahan secara simbolik kepada 2 siswa-siswi baru kelas 1 oleh Bapak kepala madrasah.

Sekarang mari kita lanjutkan untuk melihat dokumentasi di hari-hari Matsama berikutnya ya,

Kegiatan selama Matsama tidak jauh berbeda dengan hari-hari biasanya ya, pagi sebelum masuk kelas anak-anak berbaris di depan kelas mengikuti komando dari kantor untuk membaca pancasila, menyanyikan lagu Indonesia Raya serta berdoa. Beberapa kegiatan selama Matsama yang terlihat pada foto diatas adalah anak-anak kelas 1 diajak untuk belajar mengenal huruf hijaiyah, melakukan berbagai macam game serta pada hari Jumat anak-anak mengikuti kegiatannolahraga bersama yang biasanya dilanjut dengan memakan bekal bersama. Masih banyak kegiatan lainnya yang lupa tidak terdokumentasi oleh tim ya, seperti kegiatan toilet training, membaca bersama serta banyak lagi yang lainnya yang saat ini menjadi rutinitas sehari-hari warga MI Islamiyah Alwathaniyah.

Kegiatan matsama berakhir pada hari Sabtu yang ditandai dengan pertemuan wali murid kelas 1 yang dipimpin langsung oleh Bapak kepala Madrasah serta didampingi oleh Bapak Imam Muchsin serta Bapak Sonief Arifin yang kala itu diminta untuk memberikan Hypno Therapy kepada wali murid yang hadir, sementara anak-anak kelas 1 berada di ruangan lainnya tengah mengikuti lomba mewarnai dengan didampingi oleh guru kelas 1.

Demikian berbagai kegiatan selama Matsama tahun ini. Sampai jumpa di Matsama tahun depan.

Tetap semangat!!!

Tetap gembira!!!

Jayalah terus Madrasahku!!!!.

 

Reported by : Mrs. Veny Novilia, S.Pd.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.