Hari Santri di Alwathaniyah

 

img20191022100239708465250713965087.jpg

Tanggal 22 Oktober merupakan hari bersejarah bagi kalangan Santri. Pada tanggal tersebut, tercetus Resolusi Jihad yang digawangi oleh para Ulama atas desakan para tokoh dalam rangka mempertahankan kemerdekaan. Bahwa Cinta Tanah Air adalah sebagian dari Iman, menjadi modal bagi para santri untuk turut berjuang melawan para sekutu. Mereka rela berkorban jiwa dan raga demi mempertahankan NKRI.

Saat ini, kita memang telah merdeka. Namun, semangat para santri dalam rangka melanjutkan perjuangan para pahlawan harus selalu dipupuk. Rasa cinta tanah air harus selalu tertanam di sanubari. Dahulu, kata “Santri” mungkin hanya ada di kalangan Pondok Pesantren, namun saat ini kata santri disematkan pada mereka yang menimba ilmu agama di madrasah, bahkan sekolah nasional yang berbasis agama. Alwathaniyah, sebagai madrasah turut memberikan edukasi kepada para “santrinya” untuk selalu mencintai tanah air. Salah satunya adalah dengan Peringatan Hari Santri.

Hari Santri Nasional 2019 di MII Alwathaniyah diperingati dengan mengadakan berbagai jenis lomba, antara lain Lomba Menggambar, Lomba Menulis, Lomba Memakai Sarung, dan Lomba Memakai Jilbab Segi Empat. Sebelum lomba berlangsung, semua warga madrasah melaksanan Upacara Peringatan Hari Santri. Selaku Pembina Upacara adalah bapak kepala madrasah, sementara yang bertugas menjadi petugas upacara adalah para santri kelas 6.

Dalam sambutannya, kepala madrasah menyampaikan sejarah Resolusi Jihad sehingga pada tanggal 22 Oktober diperingati sebagai hari santri. Betapa besar perjuangan dan pengorbanan oleh kaum santri sehingga berhasil mempertahankan kota Surabaya dari serangan para sekutu. Selanjutnya, tugas kita adalah melanjutkan perjuangan para pahlawan/syuhada dengan semangat belajar dan bekerja demi kemajuan Bangsa Indonesia.

Santri Alwathaniyah, untuk Indonesia yang lebih baik.

Jayalah Madrasahku, Jayalah Bangsaku….

Reported by : Mr. Fendik

HSN Alwathaniyah 2019

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.