ICP

Rasional

Seiring dengan perkembangan dunia di era globalisasi saat ini, kebutuhan pendidikan anak Indonesia tidak saja lagi sekedar menuntut ilmu dan pengetahuan melalui buku-buku bacaan tapi juga sudah harus dapat mengakses ilmu pengetahuan melalui berbagai media informasi dan teknologi. Di samping itu, untuk menjadi pelaku-pelaku unggul dalam pembangunan dunia di masa depan maka anak Indonesia perlu juga dipersiapkan untuk dapat menjalin komunikasi dan kerjasama secara global. Hal ini berkaitan dengan proyeksi penerapan ilmu pengetahuan yang mereka miliki yang nantinya bukan saja bersifat nasional tapi juga internasional. Untuk itu, memahami budaya dan adat bangsa lain dianggap penting sebagai salah satu bekal untuk memperkaya kompetensi pribadi maupun professional  mereka.

Sehubungan dengan hal tersebut, sudah saatnya bagi dunia pendidikan Indonesia, khususnya pihak sekolah, melihat tantangan seperti ini. Sekolah harus lebih proaktif lagi mempersiapkan siswanya untuk memperoleh bekal kepribadian dan ketrampilan yang lebih unggul dengan memberi peluang kepada siswa untuk mengenal dunia internasional melalui jalur pendidikan.

Sister-School


MI Islamiyah Alwathaniyah sebagai lembaga pendidikan mempunyai tanggung jawab untuk mencetak generasi Islam yang diharapkan mampu berpikir kritis, analitis, dan fleksibel dalam menghadapi era globalisasi ini. Dengan dasar itulah maka MI Islamiyah Alwathaniyah memutuskan untuk menggalang kerjasama dalam bentuk Sister-School Program dengan SD Laboratorium UM Malang. Akhirnya tepat pada jam 12.15 WIB tanggal 4 Juli 2009, dilaksanakanlah penandatanganan MOU antara MI Islamiyah Alwathaniyah dengan SD Laboratorium UM  Malang.

Tujuan dari kerjasama ini adalah membentuk kelas internasional (International Class Program) yang berbasis Cambridge. Kelas ICP terbentuk dimulai pada tahun ajaran 2009/2010 pada kelas I. Proses pembelajaran yang dilaksanakan berdasarkan konsep ICP, yakni menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Media dan alat belajar yang dipakai pun berbasis IT dengan memanfaatkan internet dan sumber belajar lain yang relevan.  SD Laboratorium UM  Malang sebagai sister-school berupaya memberikan berbagai akses dan pelatihan untuk mewujudkan kelas ICP tersebut.

Untuk mencapai tujuan tersebut tentunya diperlukan kerjasama yang apik antara lembaga pendidikan, masyarakat, dan instansi terkait. Semoga dengan adanya kerjasama ini, MI Islamiyah Alwathaniyah dapat menjadi salah satu lembaga pendidikan yang mampu mencetak agen-agen perubahan untuk masa depan yang lebih baik.

4 thoughts on “ICP

  1. IIS PUTRI JOVITA Oktober 23, 2011 pukul 3:07 am Reply

    saya harapkan buku ICP sesuai dgn harga yg pantas sesuai kebijakan aturan daerah setempat…….trims

    • Rudy Juli 1, 2012 pukul 3:59 pm Reply

      ….

      • Rudy Juli 1, 2012 pukul 4:01 pm

        iis bsa mnta alamat email???
        aku siswa ICP Al Munawwarah Pamekasan.,.,

  2. admin Maret 7, 2012 pukul 5:23 am Reply

    bagus sekali semoga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: