Dampak positif dan negatif Facebook

Perkembangan teknologi sering dianggap sebagai kebaikan atau kemudahan bagi para penggunanya. Namun, ketika nalar, iman dan skill kita belum memadai atau tidak siap mengikuti perkembangan tersebut, adakah kemudahan dan kebaikan yang dijanjikan itu bisa menjadi kenyataan, bisa kita nikmati ?

Perkembangan teknologi informasi, terkait teknologi telekomunikasi, telah menjadi fenomena masa kini. Berbagai jenis dan macam produk teknologi telekomunikasi terlahir dan mewarnai keseharian, untuk mendukung globalisasi dan konsep ‘dunia tanpa batas’. Basic idea kelahiran teknologi ini sebetulnya sangat sederhana, yaitu : menghubungkan manusia antar seantero dunia. Upaya tersebut memang sudah lama menjadi basic idea dunia teknologi informasi, namun di jaman sekarang, strategi pemasaran menjadi inti dari segala kegiatan yang mencuat dalam perkembangan IT. Alasan pemasaran menjadi pertimbangan utama, dalam hampir setiap kegiatan berbasis IT.

Facebook merupakan bentuk sosialisasi, komunikasi, rekreasi, chatting, dan lain-lain yang menjangkau sejumlah besar orang. Bentuk sosialisasi di facebook bisa dirasakan oleh para penguna facebook. Dari hari ke hari pengguna facebok semakin bertambah karena semakin banyak pula orang yang ingin tahu apa saja yang ada di komunitas facebook, selain untuk chatting, hal apa saja yang bisa dilakukan dalam komunitas facebook. Dalam penggunaannya sendiri, facebook bisa dikatakan dapat memberikan dampak positif dan negatif bagi seseorang. Dampak positif yang dirasakan oleh para pengguna facebook selain untuk sarana bersosialisasi, komunikasi, rekreasi, chatting, berkomunikasi dengan teman lama, facebook pun berfungsi untuk sarana berdiskusi. Kita bisa membuat forum-forum diskusi atau kita bisa bergabung dengan forum-forum yang bisa memberikan pengetahuan atau wawasan tentang suatu hal, contohya dalam forum Teknik Informatika kita bisa berdiskusi dengan orang lain tanpa harus bertatap muka langsung dengan orang tersebut, hal yang dibicarakan dalam forum tersebut adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi infomatika yang berkembang saat ini atau kita bisa tanya jawab mengenai teknologi komputerisasi dalam forum tersebut. Bisa dikatakan bahwa facebook memberikan sarana untuk mempermudah kita memberikan ide-ide atau pikiran-pikiran tentang sesuatu yang kita ketahui supaya pikiran-pikian kita itu bermanfaat untuk orang lain.

Selain dampak positif, dampak negatif pun bisa kita rasakan dan kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Contoh dari dampak negative bagi orang yang tidak suka dengan komunitas facebook yaitu membuat orang menjadi malas belajar, hanya membuang-buang waktu, dan lain sebagainya. Selain itu, dampak negatif lainnya, adanya penyimpangan-penyimpangan perilaku yang dilakukan para pengguna facebook. Perilaku menyimpang adalah perilaku yang tidak sesuai dengan nilai dan norma yang ada pada masyarakat. Sebenarnya dampak negatif itu tidak akan didapatkan apabila pengguna facebook tersebut berhati-hati atau bijaksana dalam mengaplikasikan fungsi dari facebook itu sendiri. Contoh penyimpangan yang dilakukan dalam facebook yaitu adanya tindak kejahatan berupa penipuan, pelecehan, dan lain sebagainya. Belum cukup itu saja, modus yang paling terbaru akibat salah dalam penggunaan facebook adalah terjadinya penculikan. Oleh karena itu, bekali diri dengan imtaq yang kuat agar tidak terjerumus dalam dampak buruk perkembangan teknologi.

Sumber : dari berbagai sumber

About these ads

5 gagasan untuk “Dampak positif dan negatif Facebook

  1. muhammad zakariah Februari 13, 2010 pukul 11:53 am Reply

    setuju, facebook memng py dampak positif, tapi jg ada dampak negatif yg berimbas jg kesaya, waktu belajar sy belakangan ini berkurang krn facebook.. :mrgreen:

    tp skrng alhamdulillah sudah mulai bisa kuatasi dampak negatifnya.. ;)

    • alwathaniyah Februari 13, 2010 pukul 12:12 pm Reply

      alhamdulillah, good.. good… :D.
      yang terpenting jangan sampai imtaq kita kalah dengan iptek. harus selaras dan seimbang ok.. :)

  2. jubaedah widuri Maret 15, 2010 pukul 5:24 am Reply

    teknologi itu memang sedikit besar byk pengaruh positif dan negatif tergantung ahklak serta kepribadian org.serta lingkungan pun sngt berpengaruh….tpi yg pling utama adlh didikan dlm keluarga.

  3. wira Februari 5, 2011 pukul 6:31 am Reply

    Oooooo><..
    baguzz….:P

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: