Kukejar Kereta Untukmu Para Anak Didikku

img-20191030-wa00284601202782469228837.jpg

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan sedikit cerita. Cerita tentang pengalaman kami para guru MII Alwathaniyah saat mengikuti sebuah seminar educator gathering 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 5 oktober 2019, bertempat di hotel Grand Daffam Surabaya.

Ilmu adalah modal bagi kita untuk menjalani kehidupan. Tanpa ilmu kita akan hidup tanpa arah dan tujuan. Di dalam Al Qur’an, Allah berfirman “Allah akan meninggikan orang-orang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Al Mujadilah : 11).  Jika kita ingin menyandang kehormatan luhur, kemuliaan yang tak lekang oleh pergantian masa dan tahun, kewibawaan tanpa kekuasaan, kekayaan tanpa harta, kedigdayaan tanpa senjata maka kita mesti berilmu.

Maka dari itu kami sadar akan pentingnya sebuah ilmu. MII Alwathaniyah selalu berkomitmen untuk selalu meningkatkan kualitas diri. Kualitas madrasah serta kualitas para pendidiknya. Pada kesempatan kali ini, kami para emak-emak muda (bu Venny, bu Yunda, dan bu Ratna) serta bapak kepala madrasah bapak Abdul Fattah dan bapak Zamroni yang harus bertugas mengikuti educator gathering di hotel Grand Daffam Surabaya.

Perjalanan ternyata tidak semulus wajah para artis ibu kota. Namanya juga emak-emak, tidak bisa kalau tidak ribet. Apalagi kami semua punya yang namanya anak balita, sebelum ditinggal seharian harus menyiapkan segala amunisi yang diperlukan. Berkhutbah di depan suami nanti harus begini dan begitu. Singkat cerita berangkatlah saya menjemput bu Venny untuk berangkat bersama ke stasiun Jombang. Alhamdulillah sampailah kami di stasiun Jombang 10 menit sebelum keberangkatan.

Yang ditunggu, yang dinanti (kereta) datang on time. Satu persatu penumpang pun segera menuju kereta. Saya pun antusias sekali (maklum ya, ini pengalaman pertama saya hehehe). Ternyata personil kami belum lengkap. Si Cantik bu Yunda ternyata masih dihadang lampu merah. Galaulah kami, apalagi si kereta sudah menggaungkan suaranya. Alhamdulillah ibu pecinta warna pink muncul dari kejauhan. Kami pun berteriak “ayo bu, kretone kathe budhal”. (kami berlarian). Untung ada pak security yang baik hati yang mau berteriak “sek..sek..remen jek onok sing keri”. (bayangkan film India yang lagi mengejar kereta, begitulah kami bertiga kala itu).

Sampai di kereta kamipun kena semprot emak-emak “lungguh ket maeng gak ndang mlebu-mlebu”. Dalam hati “Ampun mak, personil kami belum lengkap”. Kami ini bagaikan girl band, pantang konser jika personil tidak lengkap.hehehehe.

Perjalanan dari Jombang ke Surabaya sekitar 1 jam. Sampai di stasiun Surabaya kami menyempatkan diri untuk ke toilet sebentar. Kami pun menuju hotel dengan memesan grab car. Ternyata hanya 5 menit perjalanan kami menuju hotel. Kami mengikuti educator gathering di Grand daffam lantai 7.

Acara educator Gathering ini diadakan oleh Mentari Books (terimaksih banyak mentari). Sesi pertama kami berlima berada pada satu ruangan untuk mengikuti seminar dengan topic how can teachers make the classroom relevant for the future workplace? dengan trainer Bapak Indra Charismiadji. Dalam sesi ini kami belajar bagaimana seorang guru menyajikan materi yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja di era revolusi indutri 4.0. Dan Sesi berikutnya kami berlima harus terpisah, saya mengikuti kelas math dengan topik developing critical and creative thinking through problem solving dengan trainer Ms. Sangeeta Khaur Dhillon. Dalam sesi ini seorang guru harus mampu mengembangkan pola pikir yang kritis dan kreatif melalui pemecahan masalah. Bu Venny mengikuti kelas English, bu Yunda, pak Zam, serta pak Fattah kelas Science.

Banyak sekali ilmu, pengalaman, serta wawasan baru yang kami dapat setelah mengikuti seminar dan pelatihan ini. Ini semua kami perjuangkan untukmu para anak didikku. Percalah, madrasah kita tercinta MII Alwathaniyah akan selalu memberikan yang terbaik untuk kalian. Kami para guru-gurumu tidak pernah bosan untuk belajar dan belajar.

Salam sukses untuk kita semua. Jayalah Alwathaniyah!!!

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

By : Dwi Ratnasari, S.Pd.

2 thoughts on “Kukejar Kereta Untukmu Para Anak Didikku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.